Senin, 01 Agustus 2011

Edisi Ramadhan (1)

IBADAH
Oleh Arie Rachmawati

Pengajian Pengurus Majelis Ta'lim Mar'atus Sholihah
Tempat : Masjid Darrussalam Bogor
Ustadz : Rofie
Tanggal 14 Apri 2007


Assalamualaikum Wr.Wb.
Manusia bukan Malaikat yang selalu tak berbuat dosa, tetapi manusia juga bukan Syaitan yang selalu berbuat dosa. Syaitan musuh manusia, justru musuh itu memberi manfaat bagi manusia karena manusia akan mencari nilai Ibadah.

Allah sengaja menciptakan syaitan agar kita bernilai positif dan negatif. Ibadah artinya mengabdi. Segala sesuatu kebaikan yang kita kerjakan/lakukan termasuk ibadah. Ibadah kepada Allah SWT akan mendapat pahala dan nantinya mendapatkan tempat yang didambakan yaitu surga. sedang Ibadah kepada Syaitan akan mendapatkan dosa, tentu saja akan mendapatkan tempat di neraka.

QS 7 Al-A'Raf :179 :
Dan sungguh akan Kami isi neraka Jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. Mereka memiliki hati, tetapi tidak dipergunakan untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak mempergunakannya untuk mendengarkan (ayat-ayat Allah). Mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lengah.

Penjelasannya :
  • tentang penghuni neraka kebanyak isinya syaitan dan manusia.
  • fungsi syaitan untuk menggoda manusia berbuat dosa, sedang ALQUR'AN adalah Hidaya, dan Allah juga tidak dzalim, maka akan mengampuni umat-nya selama manusia mau bertobat.
QS 24 An-Nur :15 :
(Ingatlah) ketika kamu menrima (berita bohong) itu dari mulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmu apa yang tidak kamu ketahui sedikit pun, dan kamu menganggapnya remeh, padahal dalam pandangan Allah itu soal besar.

Penjelasnnya ayat ini adalah tentang pergunjingan.

QS 39 Az-zumar : 53

(Katakanlah,"Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Penjelasannya tentang ampunan Allah terhadap dosa besar bagi manusia yang mau minta ampunan/taubat.

TIPS MENGHAPUS DOSA :
1.Tobat
2. Beramal sholeh
3. Sabar terhadap suatu musibah.

1. Tobat
telah dijelaskan pada QS 4 An-Nisa' ayat 17-18
(17). Sesungguhnya bertobat kepada Allah itu hanya (pantas) bagi mereka yang melakukan kejahatan karena tidak mengerti, kemudian segera bertobat. Tobat mereka itulah yang diterima Allah. Allah Maha Mengetahui, Mahabijaksana.
(18). Dan tobat itu tidaklah (diterima Allah) dari mereka yang melakukan kejahatan hingga apabila datang ajal kepada seseorang di antara mereka, (barulah) dia mengatakan,"Saya benar-benar bertobat sekarang." Dan tidak (pula diterima tobat) dari orang-orang yang meninggal sedang mereka di dalam kekafiran. Bagi orang-orang itu telah Kami sediakan azab yang pedih.

Dan Tobat itu ada tiga :
- Tobat Sambel (yang ini jauh dari Allah)
- Tobat Sakaratul Maut (QS 63 ayat 10)
- Tobat Nasuha (QS 66 ayat 8).

*Tobat sambel, hanya sesaat saja lalu kembali melakukan kesalahan itu. atau hanya tobat dimulut saja.
* Tobat Sakaratul Maut yaitu Tobatnya Raja Fir'aun telah diterangkan pada QS 63 ayat 10, yaitu tentang orang-orang yang tidak beribadah.
* Tobat Nasuha yiatu tobatnya yang sesungguhnya maka Allah akan mengampuni/menghapus dosa kita.

2. Beramal Sholeh
Setiap amal kebaikan asal ikhlas maka akan menghapus dosanya oleh allah. Telah dijelaskan pada QS 2 ayat 271 tentang sodakoh dan pada QA 11 ayat 114 tentang kebaikan menghapus kejahatan bagi yang ingat kepada Allah.

OS Al-Baqarah ayat 271 :
Jika kamu menampakkan sedekahmu, maka itu baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikan dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

QS Hud ayat 114 :
Dan dirikanlah sembayang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bagian permulaan dari malam sungguh perbuatan-perbuatan yang baik menghapus (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

3. Sabar terhadap musibah.
Pada QA 42 ayat 30 tentang musibah yang menimpa kita karena kesalahan sendiri. Allah akan menghapus dosa-dosa kita asal kita bersabar. Jika kita dipanggil dalam keadaan menderita, janganlah kita berpikiran sedih karena mungkin itu termasuk kehendak Allah dalam keadaan orang tsb bersih dari dosa.
@Pinterest

QS Asy-Syura ayat 30 :
Dan musibah apapun yang menimpa kamu adalah karena perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan banyak (dari kesalahan-kesalahan).

Insert
Petikan saat tausiah dalam acara tasyakuran 22-04-2009
Bahwa saat kita menerima MUSIBAH kita harus ber SABAR (tingkat pertama) kemudian kita harus IKHLAS (tingkat kedua) dan terakhir adalah kita harus berSYUKUR (tingkat ketiga).

Buat teman-teman seiman semoga ilmu yang sejengkal ini bermanfaat untuk kita dan segera berlomba-lomba menabung ibadah untuk bekal nanti bila saatnya tiba dipanggil Illahi, karena umur kita tak bisa diprediksi.

Marhaban Yaa Ramadhan


Wassalamulaikum Wr.Wb.
Arie Rachmawati
Posting Komentar