Kamis, 04 Agustus 2011

Edisi Ramadhan (4)


Cara Terbaik dalam Bersedekah
Oleh : Arie Rachmawati


Sedekah itu bisa dilakukan dengan aneka macam cara. Namun yang terbaik ialah, memberikan sedekah dari barang yang halal. Seperti dikatakan oleh Syofyan At-Tsuri : "Orang yang menafkahkan harta haram digunakan dalam ketaatan kepada Allah SWT seperti orang yang menyucikan pakaian dengan air kencing. Pakaian yang terkena najis tidak akan menjadi suci kecuali dengan air yang suci, sedang dosa tidak akan menjadi suci dengan yang halal."

Selanjutnya sedekah yang baik itu ialah dengan cara memberinya berwajah manis, bergembira, tidak dengan sikap yang kurang senang, sebagaimana firman Allah SWT : "Orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah kemudian tidak menyusuli apa yang diinfakkan itu dengan menyebut-nyebut dan menyakiti hati, mereka mendapatkan pahala di sisi Tuhannya, tidak ada takut pada mereka dan tidak pula mereka bersedih." (QS Al-Baqarah 266)

Oleh karena itu Rasulullah SAW bersabda : "Satu dirham dapat mendahului seratus dirham." Artinya satu dirham dari harta halal diberikan dengan senang hati lebih utama daripada seratus ribu dirham dengan rasa jengkel.

Begitu pula, sedekah terbaik ialah memberikan sedekah dengan sasaran yang tepat. Di antaranya, diberikan kepada orang alim yang bertaqwa dan akan digunakan untuk sarana taat kepada Allah SWT serta taqwa kepada-Nya atau kepada orang saleh dan fakir. Karena itu Allah SWT berfirman : "Sesungguhnya sedekah itu hanyalah untuk orang yang fakir dan orang miskin." (QS At-Taubah :60)

Catatan : Di ambil dari klipingan RENUNGAN dari koran lupa namanya.
Posting Komentar