Rabu, 03 Agustus 2011

Edisi Ramadhan (3)

IKHLAS
Oleh Arie Rachmawati


Pengajian Pengurus Majelis Ta'lim Mar'atus Sholihah
Tempat : Masjid Darrussalam Bogor
Ustadz : Rofi
Tanggal : 15 Mei 2008

Assalamualaikum Wr Wb

IKHLAS artinya mendasarkan amal kebaikan hanya karena Allah SWT ta'Allah., semata-mata karena Allah bukan karena si A si B yang bersifat pamrih. Ikhlas mudah diucapkan, namun sulit menjalankan. Ikhlas harus dari dasar hati yang paling dalam, hati nurani kita yang berucap bukan semata dibibir saja. Dalam QS.98. Al-Bayyinah ayat 5 yang artinya sbb : Padahal mereka hanya diperintah menyembah Allah dengan ikhlas mentaati-Nya semata-mata karena (menjalankan) agama, dan juga agar melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, dan yang demikian itulah agama yang lurus (benar). Intinya adalah Allah menyuruh kita melakukan ibadah-ibadah hanya semata - mata karena Allah SWT.

Apabila kita melakukan ibadah-ibadah tsb dengan hati yang ikhlas, Insya Allah kita akan menjadi orang yang bahagia. Adapun tanda tanda orang yang berbahagia sbb :
  • 1.Tawadhuf
  • 2.Ketika bertambah harta atau rejekinya maka dinafkahkan ke jalan Allah semakin banyak.
Seperti diterangkan dalam QS 2 Al-Baqarah ayat 261, "Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah akan melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan allah Mahaluas, Maha Mengetahui."
  • 3.Rajin shalat Dhuha.
  • 4.Bertambah umur, bertambah sholeh seperti yang diterangkan dalam QS 59 Al-Hasyr ayat 18 yaitu, "Wahai orang-orang yang beriman! Bertaqwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertaqwalah kepada Allah. Sunggu, Allah Mahateliti terhadap apa yang kamu kerjakan."
  • 5.Bertambah manfaat bagi orang lain.
Dua hal yang tidak bisa dikalahkan oleh apappun adalah iman kita kepada Allah SWT dan saat kita memberi manfaat untuk kaum muslimin atau orang-orang disekitar kita.

Catatan kecil ini saya ambil dari catatan pengajian majelis ta'lim pengurus Mar'atus Sholihah, dimana majelis ini terhimpun dari beberapa majelis ta'lim di kelurahan Kedung Waringin Bogor yang bertugas mengurusi, pendidikan dari anak-anak yatim. Selama penjadi pengurus majelis ta'lim kelikhlasan itu amat teruji dari segi tenaga dan waktu. Insya Allah peranan yang sudah berlaku itu semoga mendapatkan ridho Allah SWT. Dan semoga catatan sederhana ini bermanfaat, karena saya mohon maaf apabila ada kata-kata yang salah dalam penyampaian karena saya mencoba berbagi dengan sesama muslim, semoga pula bermanfaat di bulan Ramadhan 1432 H ini.
Selamat Menjalankan ibadah puasa hari ke 3, semoga amal ibadah kita diterima Allah SWT. Amin YRA.

Marhaban Yaa Ramadhan

Wassalamualaikum Wr.Wb
Arie Rachmawati

Posting Komentar