Rabu, 17 Agustus 2011

Edisi Ramadhan (6)


Berkah Membaca Bismillah
(dari buku "Ia Masuk Surga Padahal Tak Pernah Shalat" karya Badiatul Muchlisin Asti)


Assalamualaikum Wr Wb
Ada seorang perempuan tua yang taat beragama, tetapi suaminya seorang yang fasik, tidak mau mengerjakan kewajiban agama, dan tidak mau bebuat kebaikan.

Perempuan itu memiliki kebiasaan yang sangat terpuji. Ia tak pernah lupa membaca Bismillah setiap kali hendak berbicara. Begitu juga setiap kali ia hendak memulai mengerjakan sesuatu, senantiasa didahului dengan membca Bismillah. Suaminya tidak suka dengan sikap istrinya itu dan sering memperolok-olok istrinya.

Suaminya berkata sambil mengejek, "Huuh Bismillah, Bismillah. sedikit-sedikit Bismillah."  Menanggapi ejekan suaminya, perempuan tua itu diam saja, sama sekali ia tidak marah, sebaliknya ia berdoa kepada Allah swt, supaya memberikan hidayah kepada suaminya. Diam-diam suaminya memiliki rencana buruk. "Aku akan membuat kamu kecewa dengan bacaan-bacaanmu itu," bisik hati suaminya suatu ketika.

Pada waktu yang telah ditentukan, sang suami pun mulai melancarkan rencananya. Mula-mula ia memberikan uang yang banyak kepada istrinya dengan berkata, "Simpanla uang ini."  Istrinya menerima uang itu da menyimpannya di tempat yang aman di dalam rumahnya. Suaminya melihat tempat di mana uang itu disimpan oleh istrinya, kemudian dengan diam-diam, suaminya mengambil uang itu dan memindahkannya ke tempat lain yang jauh di belakang rumahnya.

Beberapa hari kemudian, ia memanggil istrinya dan berkata, "Berikan padaku uang yang aku berikan kepadamu dulu,karena uang itu akan aku pergunakan untuk suatu keperluan."

Perempuan tua itu bergegas menuju tempat ia menyimpan uang dengan diikuti oleh suaminya. dengan berhati-hati perempuan tua itu membuka dengan tak lupa terlebih dahulu membaca Bismillahirrahmanirrahim. Dan ketika tempat penyimpanan uang terbuka. alangkah terperanjatnya suaminya ketika melihat uang itu masih utuh di tempatnya, padahal sebelumnya ia telah memindahkannya ke tempat lain.

Ternyata, tanpa mereka ketahui, Allah swt, telah mengirim pertolongan sebagai berkah bacaan Bismillah yang selalu diucapkan oleh perempuan tua itu, dengan mengirim malaikat Jibril untuk mengembalikan uang yang tlah dipindahkan suaminya ke tempat asalnya semula.

Melihat keajaiban itu, sang suami merasa bersalah dan mengakui segala perbuatannya kepada istrinya. Seketika itu juga, ia beraubat. Sejak saat itu, ia taat mengerjakan perintah Allah, dan ia juga membaca Bismillah apabila hendak memulai mengerjakan sesuatu seperti yang dilakukan istrinya.

Mudah-mudahan kisah ini bisa menjadi pelajaran yang berharga untuk kita semua. Amin YRA.

Marhaban Yaa Ramadhan


Wassalamualaikum Wr.Wb,
arie rachmawati
Posting Komentar