Sabtu, 23 April 2011

T a u s i a h :


ISTIGHFAR, AYO ISTIGHFAR ...
Oleh: Arie Rachmawati


السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Pada suatu pagi berniat mencari file laporan keuangan majelis ta'lim Uswatun Hasanah, yang terselip diantara klipinganku, saya menemukan file ini. Tanpa bermaksud menggurui, izinkanlah saya berbagi untukmu, karena saya sayang kamu..saudara-saudaraku seiman. Semoga bermanfaat dan kita segera mengamalkan tanpa untuk menundanya..ah besok saja.

Bismillahirromanirohim

Istighfar berasal dari akar kata Ghafara yang artinya menutupi atau menghalangi. Dari lafadz Gahafara, lahir kata al-ghafuur yang berarti Maha Pengampun terhadap kesalahan hamba-Nya. Sebesar apapun kesalahan dan dosa yang diperbuat hamba-Nya tersebut. Sedangkan Al-Ghafaar adalah Maha Pengampun kepada hamba-Nya yang secara terus menerus berbuat kesalahan dan dosa.

Lafadz Istigfar artinya seorang hamba meminta ampun kepada Allah atas dosa dan kesalahan yang telah diperbuat. Seorang mengucapkan Istigfar berarti dia meminta kepada allah SWT supaya kesalahan dan dosanya ditutupi dan diampuni. Al-Khatib berkata : "Al-Ghafaaar artinya yang mengampuni hamba-Nya berkali-kali, setiap taubat diulangi atas satu dosa, maka berulang kali pula Allah memberi ampunan atasnya."

Allah Ta'ala berfirman : "Maka katakanlah kepada mereka mintahlah ampunan Tuhan kalian, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun." (QS.71 :10)
WAKTU-WAKTU ISTIGHFAR :

1. Setiap selesai mengerjakan ibadah.
Tujuan dari Istighfar ini adalah untuk menutupi kekurangan dan menjadi penyempurnaan dari ibadah. Nabi Muhammad SAW menganjurkan supaya setiap habis sholat fardhu untuk membaca Istighfar 3 kali (HR.Jam'ah). Sedangkan setiap selesai ibadah haji, Allah Ta'ala berfirman : "Kemudian bertolaklah kamu dari bertolaknya orang-orang banyak dan mohon ampunan kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS.2:199)

2. Di Waktu Sahur.
Allah SWT berfirman :"Di waktu pagi mereka meminta ampun kepada Allah." (QS.51:19) Dari Abu Hurairah, Nabi bersabda : "Tuhan kita setiap malam turun ke langit dunia pada sepertiga malam terakhir." Allah berkata : "Orang yang berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Orang yang meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberinya. Orang yang meminta ampunan kepada-Ku, maka aku akan mengampuni-Nya." (HR.Bukhari & Muslim)

3. Sewaktu meninggalkan suatu majelis.
Rasulullahu SAW tidak akan berdiri dari suatu majelis melainkan membaca doa : Subhanaka wabihamdika, Laa Ilaha Illa annta, Astaqfiruka wa atubu ilaika Artinya : "Maha Suci Engkau, aku memuji-Mu, tidak ada Tuhan selain Engkau, aku meminta ampun kepada-Mu dan aku bertaubat kepada-Mu." (HR.Hakim)

4. Membacakan Istighfar untuk orang meninggal.
Setelah menubur mayat, Nabi bersabda : "Beristighfarlah untuk saudara kalian dan berdoalah untuknya...sekarang dia sedang ditanya." (HR.Abu Dawud)


PENGARUH & MANFA'AT ISTIGHFAR :

1. Membaca Istighfar wujud dari ketaat perintah Allah SWT
Firman Allah SWT : " Mintalah ampunan kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. 73 : 20)

2. Membaca Istighfar membuka pintu rezeki
Firman Allah SWT : " Maka aku katakan kepada mereka,"Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu untukmu dengan lebat, dan membahayakan harta dan anak-anaakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai," (QS.71 : 10-12)

Nabi Muhammad SAW bersadba : "Orang yang memperbanyak istighfar maka Allah akan menjadikan kemudahan dalam setiap kesusahannya, memberikan jalan keluar dari setiap kesempitannya, dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak disangka-sangka." (HR.Ahmad)

3. Membaca Istighfar dapat menghapus dosa dari kesalahan
Firman Allah SWT : "Orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau ,emganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun atas dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dai pada Allah? dan mereka tidak menruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sunga-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya dan itulah sebaik-baiknya pahala." (QS.3 : 135-136)

4. Membaca Istighfar dapat menolak siksa
Firman Allah SWT : "Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu (Rasullah) berada di antara mereka dan tidaklah (pula) allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun." (QS.8 :33)

5. Membaca Istighfar dapat meninggikan derajat seseorang
Rasul SAW bersabda : "Sesungguhnya Allah mengangkat derajat seseorang di surga. hamba itu bertanya, "Kenapa ini bis terjadi ya Allah?" Maka Allah menjawab, "Ini adalah buah dari istighfar anakmu untukmu." (HR.Ahmad)

SAYYIDUL ISTIGHFAR
Allahumma anta robbi
Laa ilaaha illa anta khalaqtanii
Wa anaa a'la ahdika
Wawa'dika maatatho'tu
Wa au'dzdzubika min syarrimaa shona'tu
Abuu u laka bini'matika a'layya
Wa abuu u bidzanbii faghfirlii fa innahu laa yaghfirudzdzunu illa anta
Artinya :
Ya Alllah Engkau adalah Tuhanku.
Tidak ada Tuhan selain Engkau.
Engkau telah menciptakanku.
Dan aku adalah hamba-Mu.
Dan aku berada di atas sumpah dan janjiku kepadamu sesuai kemampuanku.
Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan perbuatanku.
Aku mengakui nikmat-Mu.
Dan aku mengakui dosa-dosaku.
Maka ampunilah dosa-dosaku.
Maka sesungguhnya tidak ada yang memberi ampun terhadap dosa dan kesalahan selain Engkau." (HR.Muslim)

"Barang siapa membacanya di waktu permukaan siang dengan penuh keyakinan dan dia meninggal pada siang itu sebelum masuk waktu sore, maka dia termasuk ahli surga. Barang siapa yang membaca pada permukaan malam dengan penuh keyakinan dan dia meninggal pada malam itu sebelum masuk subuh, dia termasuk ahli surga." (HR.Bukhari)

Catatan :
* QS. 2 ~ Al-Baqarah ~ Sapi Betina
* QS. 3 ~ Ali Imron ~ Keluarga Imron
* QS.71 ~ Nuh ~ Nabi Nuh
* QS.73 ~ Al-Muzzammil ~ Orang-orang yang berselimut

* Pembelajaran pengajian majelis ta'lim Uswatun Hasanah pada hari Rabu, 12 Desember 2007, oleh Ustadz Addausi. Alhamdulillah


Wassalamualaikum Wr.Wb
arie rachmawati
Posting Komentar