Jumat, 13 September 2013

Grup Band Indonesia :

C e r i t a  C i n t a
25 Tahun
K A H I T N A




Rabu, 11 September 2013 

Kemarin lalu, saya secara nggak sengaja menyisiri koridor Botani Square Bogor, tepatnya lantai teratas, iseng mampir Disc Tarra dan kepincut CD bertajuk "25 Tahun Cerita Cinta Kahitna". Tanpa perlu berpikir dua kali, langsung ambil dan bungkus. Namun, sesampainya di rumah. nggak langsung memutar CD tsb.  Menurut teman, sebenarnya CD yang saya beli termasuk sudah lama, namun menurut saya tetaplah baru, karena ya baru beli, baru mendengarkan. "Ah, gitu aja kok repot !." Biar sajalah, tetaplah manis terdengar ditelinga walau harus diulang, satu per satu 28 lagu (side A : 14 & side B : 14) dari A-B & B-A mengalun hingga akhir. 

Dari beberapa lagu Kahitna, ada satu-dua lagu yang saya (amat) suka, walau kedua lagu tsb tidak termasuk dalam daftar CD tsb, judulnya "Bila Saya" dan "Masihkah Ada Diriku". 
Kronologi dua lagu pencuri hati sbb. 

Lagu "Bila Saya", sekitar dua tahun pernah saya diskusikan dengan salah satu personel Transs, yang diefbe beliau sangat tertutup. Lagu tsb mewakili  kata hati saya yang kepincut film Hollywood berjudul "Before Sunrise & Before Sunset", entahlah menurut saya lagu tsb pas dengan cerita film itu yang dibintangi Ethan Hawke dan Julie Deply.

Simak lirik lagu Bila Saya :

di sini terjaga 'tuk menantimu
rebahkan cintaku
mengapa selalu kau sembunyikan wajah cantik itu
setiap ku memandangmu merana hatiku
terulang kisah rupa wajah sayu
menetes sendu rindu pilu ragu
mengusik bisu kelabu dirimu
ku membelaimu merenung diriku
tersirat ingin ucap rasa cinta
sadarkah bila saya cinta kamu
tak sanggup lalui lewati mimpi
tuk menembus cinta
mestikah sungguhku
hindari jerat tuk memikirkanmu
sepiku semata teman saksi rinduku
memilu hampa tak sampai ku menggapaimu

So sweet, ini lagu liriknya dalam banget, menceritakan bagaimana seseorang itu jatuh cinta, namun untuk mengungkapkan rasa itu terasa berat, "...sadarkah bila saya cinta kamu...".  Keadaan seperti itu adalah hal biasa yang terjadi di sekitar kita. Kita baru menyadari bahwa seseorang yang mencuri perhatian biasanya orang terdekat yang sehari-harinya keberadaanya selintas lalu. Cerita di lagu itu, menurut saya mirip cerita kedua film tsb. Film drama yang terlalu banyak berbincang-bincang dengan memamerkan keindahan alam di mana keduanya traviling di beberapa kota.

Nah, selain lagu ini jarang di -request penggemarnya, atau ditampilkan saat live performance-nya (lihat di TV sih), nyaris dilupakan. Oleh sebab itu menarik perhatian saya, maka mengulik import dua film tsb, untuk digabungkan dengan gambar film, ternyata saya menemukan kesulitan tingkat tinggi. Oh My God, tobat!  Sudah terlanjur jadi sesulit apapun harus rampung, benar-benar sangat mengaduk perasaan dan pikiran saya. Toh, setelah melewati masa  sulit jadilah videoklip tsb dan bisa dinikmati di akun saya Youtube, "Bila Saya by Kahitna (rie)".

Kemudian, untuk lagu "Masihkah Ada Diriku", saya mencomot (izin) gambar-gambar milik teman semasa SMP, bernama Omdhe Omsingndeso. Menurut saya, ia dengan aktivitasnya selain bersepeda dan photografer itu sangat kaya tumpukan foto-foto yang mejeng di wall efbenya layak dijadikan slide show picture. Ajaib, ternyata di Youtube tercatat angka 3000 lebih viewersnya. Mungkin perpaduan lagu (lirik) dan picture's pas. Entahlah, yang jelas lagu itu mewakili pertanyaan, "Apa kamu masih ingat aku?".






Kahitna, grup musik dari Bandung, Indonesia, dibentuk pada tanggal 24 Juni 1986 dan dimotori oleh Yovie Widianto (piano). Walaupun kerap mengusung tema cinta dalam liriknya, Kahitna terkenal  bisa memadukan unsur musik jazz, pop, fusion, latin dan bahkan etnik ke dalam bentuk ramuan yang memikat. Grup musik yang mulai merajut kariernya lewat panggung festival dan cafe ini diakui mempunyai kekuatan pada aransemen musiknya yang terbilang orisinil. 
(copypaste dari Wikipedia-Kahitna)

Masih salinan dari Wikipedia, disebutkan dalam diskografi sbb : 
* Cerita Cinta (1994)
* Cantik (1996)
* Sampai Nanti (1998)
* Permaisuriku (2000)
* Cinta Sudah Lewat (2003)
* Soulmate (2006)
* Lebih dari Sekedar Cantik (2010)
* The Best of Kahitan (2002) - Album Kompilasi
* Cerita Cinta : 25 Tahun Kahitna (2011) - Album Kompilasi

Masih tetap beranggota sembilan laki-laki dewasa, posisi vokal Ronni Waluya di formasi awal diganti oleh Mario Ginanjar. Ada pun mereka antara lain : Hedi Yunus, Carlo Saba, Mario Ginanjar, Yovie Widianto, Doddy Is, Harry Sudirman, 
Budiana, Andrie Bayuadjie, Bambang Porwono

Dari CD tsb, lagu "Takkan Terganti" adalah menjadi pilihan saya, maka secara spontanitas bergeraklah membuat klap-klip versi (window movie maker). Lihat ini !





Mendengarkan lagu-lagunya Kahitna, serasa kembali muda penuh gejolak asmara, bikin kasmaran tiada akhir. Keren abiiiss!  Paling asyik diputar sambil mengetik tulisan. Susunan lagu yang terbilang lagu baru yaitu :  Aku Punya Hati, Suami Terbaik dan Pastikan, selebihnya adalah lagu-lagu terbaik selama mereka berkarya, seperti Cantik, Andai Dia Tahu, Cinta Sudah Lewat dsb. Di antaranya ada juga yang sebelumnya pernah dipopulerkan penyanyi lain misal : Dea Mirela dengan "Menanti", Chrisye dengan "Untukku", Lingua dengan "Bintang", Rita Effendy dan Ruth Sahanaya untuk lagu "Merenda Kasih", dll.  

Di CD ini, saya suka aransemen untuk lagu "Untukku" diintro diawali dengan kata-kata, " ...di saat engkau disana, kadang langit terasa gelapnya...", baru masuk lirik yang familiar, "...kemana langkah kupergi selalu ada bayangmu ...". Seterusnya tetap menghanyutkan  dan mengingatkan kembali ke lagu tsb oleh Chrisye dengan videoklip (original) dengan model Karenina, dimana saat itu ia menjadi model top.
(baca : Karenina Maria Anderson - Wikipedia)

Di antara deretan lagu yang tersusun dari side A, yang  sangat kaya musik etnik di lagu "Lajeungan". Lagu berlirik bahasa Madura itu, artinya layangan. Di sini ditonjolkan improvisasi bunyi-bunyian etnik khas Jawa Timuran, saya yakin si pencipta lagu tsb (Doddy Is) yang berlatar belakang masa kecil dan remajanya di Jember, sangat fasih berbahasa Madura. Terlebih kehidupan disana masyarakatnya banyak orang Madura. Alhasil, Lajeungan tentang bermain layangan khas-nya anak laki-laki, lagu itu ciamik banget, sangat kentara bunyi gendang, konga (perkusi) dimulai pembukaan lagu dan dipertengahan lagu, begitu juga diending lagu. 
Nyaman ongguh tretan 
(baca : enak sekali teman/saudara)

Salut buat tiga vokalisnya yang berusaha mempelajari cengkokan bahasa Madura, tepat di reflainnya : "...tengguh, tengguh tang lajeungan - tengguh, tengguhbenyak ongguh lajeungan - tengguh, tengguh tang lajeungan - tengguh, tengguh benyak ongguh lajeungan ..." sederhana sekali hanya pengulangan lirik, namun ramainya alat musik bikin semarak keceriaan, kemudian lagu ditutup dengan kekhasan Kahitna, senantiasa ada e ya o, ya e o, ya ye yo . Jelas ini mengingatkan pada musik garapan alm. Elfa Secioria pada ajang festival jaman dahulu, kala saya masih remaja. 

Pertama kali melihat "Andai Dia Tahu", pada masa tayang videoklip (original) nya lewat televisi swasta sekitar '90-an, saya sangat 'spechless' karena model klipnya si Maudy 'Jaenab' Kusnadi dan Doddy Is, bangga banget karena dia kakak kelas di SMPN1 Jember, ia bisa menjadi bagian grup band apik pimpinan Yovie Widianto. Sebelumnya, saya melihatnya dalam videoklip berjudul "Cerita Cinta" yang masih ada penampilan Ronni Waluya, dengan model perempuan yang seingat saya, sangat top. (ih lupa namanya)



Susunan 28 lagu CD Cerita Cinta 25 Tahun Kahitna 
Side A :
*Aku Punya Hati (new song)
* Pastikan (new song)
* Untukku
* Tiamo
* Cerita Cinta
* Setahun Kemarin
* Seandainya Aku Bisa Terbang
* Aku Dirimu Dirinya
* Andai Dia Tahu
* Lajeungan
* Lebih Dari Sekedar Cantik
* Dirantau
* Merenda Kasih
* Bintang

 Side B :
* Suami Terbaik (new song)
* Mengapa Terlambat
* Tentang Diriku
* Cinta Sudah Lewat
* Tak Mampu Mendua
* Tak Sebebas Merpati
* Permaisuriku
* Cantik
* Engga Ngerti
* Sampai Nanti
* Cinta sendiri
* Menanti
* Takkan Terganti
* Soulmate

Wow, kalau saya tulis semua tentang lagu mereka, maka tulisan ini bisa sepanjang rel kereta api. Pada dasarnya mereka bermusik atas dasar hati, persabahatan mereka pun bisa termasuk awet, chesmistry-nya dapat. Hingga kini, dari saya belum menikah hingga saya mempunyai anak-anak yang mulai berangkat dewasa, Kahitna bisa masuk disetiap fase usia, karena dengan satu CD bisa dinikmati seisi rumah. Hebat!

Bila dikilasbalikkan dari berdirinya artinya mereka sudah berusia 27 tahun. Jadi, sekali lagi Congratulation buat Kahitna, tetap berkarya sampai akhir jaman. Rangkul kami penikmat musik dengan 'cinta' bersama alunan nada irama. Cerita Cinta itu takkan pernah usai, cerita cinta senantiasa diwarnai suka dan duka. Saat kasmaran lahirnya lagu ceria, saat patah hati pun lahir lagu melow indah. 

Kahitna is Soulmate, melayang bak Lajeungan, Takkan Terganti, meski saya harus Menanti album berikutnya, setidaknya bulan depan anak saya mengajak untuk melihat performance-nya di Unpad. Besar harapan bisa bertemu dengan salah satu personelnya  Doddy Is yang pernah besar di kota Jember dan kami pernah menimba ilmu di sekolahan yang sama, bermusik bersama. Kahitna...Sampai Nanti !


Salam,
arie rachmawati
penikmat musik KAHITNA