Jumat, 04 Oktober 2013

Artikel Tentang Sepatu




Dear Temans,
Ini adalah sebuah bonus dari majalah femina tahun 2009, jadi sudah lama sekitar 4 tahun lebih. Nggak ada salahnya bonus yang kutemukan ditumpukan majalah usang, siapa tahu berguna. Maka kuketik ulang dan ku-share di blog ini. Semoga bisa bermanfaat sebagai pengetahuan tentang 'sepatu' dan sebagai bacaan di waktu luang.  Karena seorang wanita tak'kan lepas dari pesona sepatu berbagai bentuk modelnya serta pasti akan menunjang penampilan kita. Simak yuuuukk, temans !

 P E M U J A  S E P A T U
(Bonus Femina no.21/XXXVII*23-29 Mei 2009)


Awal Mulanya . . .
Dilihat dari konstruksinya, sepatu sekarang ini berawal dari sandal. Dalam setiap peradaban kuno umumnya memiliki sisilah desain alas kaki yang beragam. Peradaban tertua, Mesir, menjadi bukti keberadaan pembungkus kaki ini 3500 tahun SM. Kala itu, bentuknya masih berupa jalinan daun papirus atau jerami. Fakta menarik adalah pembuatan sandal ternyata telah menjadi apresiasi seni saat itu.


Perbedaan kasta juga mempengaruhi bentuk sandal. Di Mesir, sandal Pharaoh memiliki lengkungan meruncing keatas, sedangkan sandal para permaisuri mereka bertatahkan permata. Lain lagi dengan permaisuri di Roma. Sol sepatunya terbuat dari emas dan talinya bersinar indah karena taburan batu mulia. sepatu berhak mulai dikenakan oleh wanita-wanita aristokrat Prancis pada abad ke-16, dengan hak sangat tinggi hingga si pemakai seolah-olah berdiri di atas jempol ketika memakainya. Bentuk sepatu untuk kaki kanan dan kiri, baru dibedakan pada awal abad ke-18. Sebelumnya, para pembuat sepatu hanya menaruh bantalan kulit tambahan pada cetakan ukuran dasar jika sepatu yang dipesan lebih besar. kenyamanan belum diutamakan saat itu.

Memasuki abad ke-19, seiring dengan Revolusi Industri dan penemuan-penemuan mesin, sepatu produksi massal pu membanjir, glamornya industri film Hollywood dan apresiasi terhadap seni desain sangat memnabtu tumbuhnya industri ini hingga sekarang. Sepatu tak lagi hanya merupakan benda fungsional, tetapi juga estetika. Hal ini juga terjadi di Indonesia. rata-rata wanita Indonesia saat ini membeli 4-6 pasang sepatu setiap tahunnya. "Perkembangan 5 tahun terakhir sangat luar biasa. Masyarakat Indonesia dari berbagai kalangan sudah mulai mengikuti tren mode. Mereka melek gaya. Sebetulnya ini sebuah peluang bisnis yang sangat bagus," ujar  Yongki Komaladi, desainer sepatu.


SANG MAESTRO

ANDRE PERUGIA - Yang Pertama
Dialah perancang sepatu selebritas pertama. jauh sebelum Manalo Blahnik dan Jimmy Choo menginjak-injak karpet merah. Salah satu karya yang fenomenal adalah sepatu tinggi tanpa hak. Ia juga berkolaborasi dengan desainer, seperti Paul Poiret, Charles Jourdan, dan Hubert D.Givenchy. Perugia juga menerbitkan buku From Eve to Rita Haywoth. Dimana ia menyingkap teori kepribadian wanita dengan memepelajari jarinya.

ROGER VIVIER - Sang Penemu
Dikenal sebagai pencipta sepatu inovatif (dinamai sesuai dengan bentuknya) seperti The Comma, The Ball, The Needle, The Prism dan The Pyramid. Pada tahun 1953, ia bergabung dengan rumah mode Dior. sepuluh tahun kolaberasinya dengan dior merupakan era keemasan sepatu fashion. Salah satu klien pentingnya adalah Ratu Elizabeth II yang mengenakan sepatu rancangannya saat penobatannya sebagai Ratu Inggris pada tahun 1953.

SALVATORE FERRAGAMO - Made In Italy
Namanya identik dengan kualitas super sepatu Italia. Umur 16 tahun, ia hijrah ke Hollywood dengan klien seperti Marlene Dietrich dan Greta garbo. Tersohor akan desainernya yang visoner dan anatomis, salah satunya adalah 'The Invisible Shoes," yang diciptakan karena larangan penggunaan kulit untuk sepatu produksi massal saat Perang Dunia II. Pilihannya jatuh pada tali nilon nelayan untuk menciptakan ilusi tak terlihat.

MANOLO BLAHNIK - Sepatu Selibritas
Ia memutuskan untuk membuat sepatu atas desakan Diane Vreeland (Pemimpin Redaksi Vogue, yang juga ikon mode tahun '60-an). Namanya makin kukuh di jagat Hollywood berkat serial Sex & The City. Salah satu adegan film tersebut, saat Carrie dirampok, ia sempat memohon kepada si perampok, "Anda ambil saja cincin, jam tangan, dan tas Fendi saya, tetapi tolong jangan ambil Manolo saya."

STUART WEITZMAN - Kreativitas maksimal
Karyanya dikenal dengan material yang mewah hingga tidak biasa. Dari sumbat botol, bambu akrilik, hingga emas 24 karat dan taburan permata tak luput dari sentuhan jenius pria kelahiran 1942 ini. Setiap tahun, pabriknya menghasilkan 300 desain baru dan sepatu bling-bling-nya tak pernah absen dari karpet merah Oscar. Singkatnya, kenakan saja sepatu rancangan Stuart yang berharga jutaan dolar di karpet merahm di situlah perhatian media tertuju.

 GUISEPPE ZANOTTI - Feminisme Berkelas
Hak yang dibalaut sifon, linen serta kulit beragam warna, menjadi karakter sepatunya. Memulai kariernya di sebuah butik kecil di Milan sebelas tahun lalu, ia mengaku bahwa dalam menciptakan karya, penggunaan material dan proporsi desain selalu jadi pertimbangannya. Sehingga kaki indah wanita tetap dalam 'sangkar yang cantik dan nyaman.

CHRISTIAN LOUBOTIN - Lelaki dengan Sol Merah
Sol merah menjadi ciri khas perancang Perancis ini. Gadis nightclub adalah isnpirasi dirinya untuk menjadi desainer sepatu. Kliennya mulai dari Angelina Jolie hingga Mariah Carey. Kepaiwaiannya dengan sepatu pernah dipamerkan di Pierre Passebon Gallery yang bertajuk Fetish.

PIERRE HARDY - Arsitek Sepatu Canggih
Kariernya dimulai dari Christian Dior, Hermes, hingga Balenciage. Victoria Beckham adalah salah satu penggemarnya. Dalam benaknya, sepatu bisa terlihat glamor dengan tidak memprioritaskan tren. Pria lulusan seni murni dan seni tari ini pernah bekerja sama dengan label pakaian GAP dan Kitsune dalam merancang sepatu kasual.

JIMMY CHOO - Jagoan dari Asia
Pria kelahiran Penang Malaysia ini jebolan London Colloge of Fashion. Tahun 1996, Choo bertemu Tamara Mellon, editor aksesori majalah Vogou Inggris dan membentuk Jimmy Choo Ltd. Kepiawaian Tamara memasarkan produk Choo adalah kunci sukses label ini, selain model sepatu elegan dan konstruksi yang membuat kaki terlihat seksi.

 dan Fakta Unik :
SEPATU  DATAR
* Mendiang Jacky Kennedy sangat menyukai sepatu datar model balet. Sebulan sekali ia selalu memesan sepasang sepatu baru kepada desainer sepatu favoritnya.
* Carla Bruni-Sarkozy, mantan supermodel er '90-an yang kini jadi first lady Perancis, kerap mengenakan sepatu datar. Ditengarai, ini untuk mengimbangi tinggi badan suaminya, Nicholas Sarkoy, yang lebih pendek.

** Hindari :
(x) Mengenakan sepatu datar yang benar-benar datar (kontruksi alas yang tidak mengikuti kontur kaki/tidak ada lengkungan) secara terus-menerus. Hal ini bisa menimbulkan sedera pada tumit.
(x) Skinny jeans+sepatu balet+prporsi kaki pendek dan paha yang besar = kombinasi yang buruk. sepatu balet tidak memberi kesan panjang pada kaki.

** Lakukan :
1. Agar penampilan tidak membosankan, kenakan sepatu datar warna cerah saat ke kantor, dan jinjing tas warna senada. Warna kuning lemon, merah, biru benhur, ungu terung, dan hijau zamrud bakal 'in' tahun ini.
2. Tak ada salahnya mengenakan sepatu datar ke acara resmi. bahan satin mengikat atau detail permata/ diamante akan menaikkan pamor 'si datar' ini.
3. Agar sepatu datar warna hitam tak tampil monoton. kenakan stocking warna abu-abu, coklat, atau ungu tua untuk sentuhan beda yang tak berlebihan.


PUMPS dan Fakta Unik :
* Sarah Palin mengenakan pumps warna merah saat dirinya diumukan sebagai pasangan calon wakil Presiden Amerika tahun lalu, John McCain.
* Sepatu pumps YSL Trib Two telah dipakai hampir selusin selebritas di acara karpet merah. Mulai dari Heidi Klum, Victoria Beckham, Lucy Liu, hingga Christina Aguilera.
* Untuk merayakan 50 tahun boneka Barbie, Christian Louboutin mendesain sepatu pumps warna pink, pantone 219, yang dipertunjukkan saat pekan mode New York, Februari lalu.

** Hindari :
(x) Kontruksi sepatu yang terlalu bulky jelas tidak cocok bagi yang bertubuh pendek karena akan tampak berat di bagian bawah.


** Lakukan :
1.Padankan little black dress simpel dengan pumps warna merah untuk kesan seksi sekaligus playful seketika.
2. Jika berkaki pendek, pilih model peep-toe untuk memberi kesan panjang pada kaki.
3. untuk Anda yang harus selalu keluar kantor saat bekerja, kenakan kaus kaki mini (pendek, sebatas telapak kaki) agar bagian atas dalam tidak licin.
4. Saat membeli pumps hitam, tak ada salahnya memilih sol berwarna (merah, pink, atau ungu) agar penampilan tak membosankan.



ANKLE  STRAPdan Fakta Unik :

* Pada tahun 1956, Ferragamo mendesain sepatu ankle strap yang terbuat dari rantai emas 18 karat. Dibandrol seharga 1.000 dolar AS, jumlah yang sangat fantastis kala itu.
* salah satu sepatu ankle strap yang banyak dibicarakan di fashion blog saat ini adalah koleksi Gucci musim panas 2009 seri 'Iman'. Di Saks Fith Anenue, New York (departement store desainer ternama), pemesanan untuk perseorangan dibatasi sejumlah 3 pasang setiap bulan karena tingginya permintaan.

** Hindari :
(x) Memaksa mengenakan sepatu dengan banyak tali (strap) untuk kaki pendek. Tubuh akan terlihat makin 'cebol'.

** Lakukan :
1. Agar kaki terlihat lebih jenjang saat mengenakan sepatu ankle strap, pilih warna beige, nude, atau putih.
2. Detail seperti pita atau batu-batuan permata adalah investasi gaya yang manis.
3. Sentuhan warna metalik paling pas untuk acara formal di malam hari.

ANKLE  BOOTS dan Fakta Unik :

* Pada abad ke-18 di Inggris, ankle boots sudah dikenakan oleh para wanita. Populer dengan sebutan Adelaide boots, bentuknya tanpa hak dan terdapat tali-temali di sisi dalam sepatu
* Sejak pertengahan tahun lalu, ankle boots sangat populer di industri mode. Mulai dari Missha Barton hingga sarah Jessica parker mengenakannya. Kini, kepopulerannya merambah mal-mal di Jakarta.

** Hindari :
(x) Mengenakan celana jins boot cut dan memasukkan bagian bawah/hem jins yang kebesaran ke dalam sepatu ankle boots. Kesannya tidak rapi dan 'asal'.

** Lakukan :
1. Padankan ankle boots dengan stocking saat mengenakan rok mini atau celana pendek.
2. Ke acara cocktail dengan ankle boots ? Kenapa tidak ! Kenakan gaun tube mini berpotongan feminin yang tidak pas badan untuk kesan tidak berlebihan.
3. Padukan gaya paling segar dari runway : kaus kaki. Kenakan kaus kaki longgar 7-8 cm di atas mata kaki plus gaun ringan dari bahan katun untuk acara kasual.
4. Jika pergelangan kaki besar, hindari hak yang chunky (tebal) pilih warna natural, seperti gradasi beige, cream, atau putih gading.


MARY JANE dan Fakta Unik :

* Menjadi inspirasi Fergie untuk menuangkannya ke dalam sebuah lagu dengan judul Mary Jane Shoes yang menggambarkan betapa dirinya tergila-gila pada sepatu tersebut.
* Keunikan nama sepatu ini diambil dari sebuah komik Richard Outcault berjudul Buster Brown yang keluar pada tahun 1902. Mary Jane berperan sebagai adiknya Buster Brown dalam komik ini.

** Hindari :
(x) Pikir dua kali ketika membeli sepatu jenis Mary Jane dengan hak yang tebal, terutama bila Anda terjebak dengan kaki kurus.
(x) jangan memilih warna atau detail yang terlalu catchy pada sepatu jenis ini karena akan terkesan berlebihan.

** Lakukan :
1. Bila anda mempunyai punggung kaki yang besar, kenakan sepatu ini dengan strap yang agak lebar.
2. Bosan dengan gaya feminin? Padu padankan stocking opaque hitam dengan sepatu ini, plus setelan blazer dan tampilkan kesan maskulin pada diri anda.
3. Gaya preppy masih in saat ini. Coba kenakan sepatu Mary jane dengan model pupms dan motif tartan pada pakaian Anda



KITTEN HEEL dan Fakta Unik :

* Audrey Hepburn mempunyai andil yang besar atas jasanya mempopulerkan sepatu dengan hak seperti ini.
* Kesan bersahaja namun berkelas menjadi milik Michelle Obama dengan sepatu kitten hell setiap kali menghadiri acara kenegaraan.
* Di Amerika. lebih dikenal dengan sebutan trainer hell karena sepatu ini digunakan gadis remaja untuk belajar sebelum menggunakan sepatu dengan hak lebih tinggi.

** Hindari :
(x) Hindari ornamen yang terlalu berlebihan, bila Anda menggunakan hitten heel untuk jalan-jalan santai.
(x) Tas besar buknlah teman sejati bagi kitten heel Anda, apalagi dengan motif yang berlawanan.

** Lakukan :
1. Selain rok dan gaun, padankan celana capri dengan kitten heel Anda untuk aktivitas kerja sehari-hari.
2. Model tertutup pasti akan terlihat lebih profesiona; untuk ke kantor. Untuk kesan playful, mainkan warna atau detail (bucklem pita, corsage).


PLATFORM dan Fakta Unik :

* Di era Victorian, sepatu ini sempat hilang dengan alasan feminisme dan kembali in pada tahun 1930-an atau di masa Perang Dunia II.
* Victoria Beckham tidak pernah menyia-nyiakan kaki indahnya tanpa sepatu platform dengan berbagai model dari desainer sepatu terkenal.
* Supermodel sekelas Naomi campbell pernah terjatuh saat mengenakan sepatu Vivienne Westwood dengan hak 9 inci dan platform 4 inci di peragaan busana koleksi musim gugur tahun 1993.

                                                                                                                                             ** Hindari :
(x) Bila Anda memiliki postur tubuh yang tinggi, jangan kenakan sepatu platfrom yang tinggi pula. Anda tidak ingin disebut 'tiang listrik', bukan?
(x) Bila Anda berbetis besar hindari model sepatu ini.

** Lakukan :
1. Langkahkan keanggunan kaki Anda dengan padu padankan sepatu platform dan fitted pencil skirt atau skiny jeans.
2. Saat membeli, perhatikan sol pada platform. Pilih yang ringan, nyaman, serta seimbang agar di akhir pekan pun dapat digunakan.


Keterangan sbb :
Kartini Broto Suharjo, Putra Vatron.
Cover : Model : Dinda
Foto : Budi Suryanto
Sepatu : Koleksi Charles & Keith - One Pasific Place
Centro Departement Store - Plaza semanggi (021-25536255)
Athaya Shoes (021-7420035)
Rococo - One Pasific Place
High Heels - Mal Ambassador Lantai 2 No:9, Jakarta (021-5763421)

                                                      
                                                                                                         












Posting Komentar