Jumat, 11 Februari 2011

G a m e r 1999

Pertama Mengenal Playstation
Oleh Arie Rachmawati



by Arie Rachmawati on Thursday, February 10, 2011 at 1:25am

Prolog
SILENT HILL ini adalah game playstation pertama (PS1) yang saya tamatkan dengan rating lumayan pada tahun 1998-1999, dan saya mulai memainkan setelah ketiga anak saya (YoAnDo) pergi tidur hingga larut malam. Saya sebenarnya sangat takut memainkan game produksi Konami ini, karena ilustrasi musiknya sangat mencekam apalagi ujuq-ujuq datang monster berbagai bentuk dengan suasana kota yang berkaratan. Tentu saja membuat debaran adrenalie saya sedikit terpacu. Selain itu situasi waktu itu dampak pasca REFORMASI dengan keadaan lingkungan yang tak aman, sedang suami menyelesaikan pendidikan di Bandung dan saya beserta anak-anak tinggal di Jambi.

Silent Hill hadir sebagai sahabat yang setia menemani saya untuk menjaga anak-anak yang masih kecil sekalian beronda. Dan akhirnya tamat setelah menempuh waktu hampir dua minggu, hingga berniat membuat ketikan berdasarkan buku waltrough dan cheat dari majalah GameStation.


Harry Mason terbangun dalam jip-nya dan melihat bahwa putrinya tak ada lagi disitu. Dia berdiri dan berjalan ke tengah jalan kota Silent Hill. Saat itu kabut dan salju sedang turun. Kini kamu memulai pengendalian. Bergeraklah terus sampai kalian melihat bayangan di kejauhan. Bila kamu mencoba masuk toko, komputer akan mengambil alih kontrol dan membawa kamu menuju arah yang benar. Kamu akan melihat Cheryl, namun ia akan lari. Kalian mengikutinya, menuruni jalan kecil. Suasana makin gelap. Harry menyalahkan korek api dan terus berlari. Kemudian akan terlihat sesosok mayat yang membusuk, lalu dua child zombi muncul dan menikammu sampai kau pingsan. Kamu terbangun (lagi…) dalam sebuah café dan melihat Cybil Bennet, Polisi dari Brahrns, kota tetangga. Ia akan menanyakan keadaanmu dan menjelaskan keanehan di Silent Hill. Ia memberimu sebuah pistol dan petualangan yang sebenarnya dimulai.

* LEVEL 1

Scene 1 : Café

Health 2x, Pisau, Peta, Senter, Radio kecil, Notepad (Save Game)

Kamu tak bisa mendapat radio kecil samapai kalian meninggalkan café. Saat mengambil peta, kamu akan menyadari bahwa kalian harus mengquip pistol sebelum pergi (bidik dgn R2, X utk menembak). Setelah mencoba meninggalkan Café maka radio akan berfungsi.

Scene 2 : Diluar Café

Ambil Handgun Bullets di kursi. Periksa gang, lihat peta dengan menekan tombol segitiga. Ikutilah arah panah merah yang mengarah ke Cheryl.

Scene 3 : Gang di Finney St

Handgun Bullets x2, Pipe, Cheryl’s Sketcthbook.

Ada sebuah gang yang tertutup namun kamu dapat mengambil item-nya. Ambillah Sketchbook yang akan memberimu petunjuk untuk menuju sekolah

Scene 4 : Menuju Sekolah

Semua jalan menuju ke sekolah sudah tertutup. Pergilah ke gang di belakang café di Bachman Road. Masuk ke dalam pagar yang bertuliskan “ off limits “ dan kalian di lapangan basket.

Lapangan Basket kecil :

Health Key of Woodman.

Gang Kecil :

sebelah kanan Ponsion Market di Bachman Street ( jalan terus di gang belakang café ) : Handgun Bullets x2. Teruskan ke jembatan rusak (dipeta, dekat huruf N Kompas), kamu sampai di mobil polisi rusak.

Mobil Polisi :

Handgun Bullets Key of Lion. Bersiap karena kalian akan diserang oleh 2 ekor WB (Winged Beastie). Teruskan menuju Eltroy Street. Dekat rumah, terdapat jembatan kayu yg harus dilewati untuk mengambil item tersebut.

Rumah dgn palang kayu :

Health, Key of Scarecrow. Setelah mendapatkan semua 3 kunci pergilah menuju Matheson Street dan teruskan menuju Dog House di Levin St, setelah mendapatkan petunjuk. Ingat kamu harus terlebih dahulu mendapatkan petunjuk sebelum pergi kesana.

Matheson Street

Lihat pada peta, dekat huruf L dari Old Silent Hill, ada sebuah rumah ada Health.

Bachman Road

Pergilah ke sebelah atas untuk menemukan jip-nya Harry, kmdn masuklah ke dalam Convenience Store : Health x4, First Aid.

Scene 5 : Dog House

Dog House dan sebuah rumah, ada House Key, First Aid Kit, Handgun Bullets x2, Health, Save Game. Masuklah dan carilah pintu belakang di dekat dapur. Perhatikan peta yg terdapat di tembok agar kamu dapat mrnambah kelengkapan petamu. Bukalah pintu itu dengan menggunakan kunci. Halaman belakang : Health x2. Masukkalh ke dalam pintu tsb. Keadaan semakin gelap, maka Harry menyalahkan senternya. Kau dapat mematikannya dgn menekan tombol O, lewati gerbang, maka kamu akan berada dijalanan lagi.

Scene 6 : Jalan Raya

Jalan layang yg rusak : diatas Midwich Street : Health, Handgun Bullets

Gang kecil : dekat huruf O pada Silent Hill : Health, Handgun Bullets

Gang di Bradbury Street : temukan garasi dgn darah pintunya, terdapat tulisan ‘K Gordon’. Ikuti gang ini sampai di suatu tempat maka tidak ditemukan apa-apa.

Bus Sekolah : dibagian bawah peta dekat sekolah : Health x2, Save Game.

Scene 7 : Midwich Elementary School

Lewati anjing – anjing yang ada dan buka pintu, maka akan berada di dalam Lobby sekolahan.

Lobby : Peta Sekolah.

Infirmary : First Aid Kit, Health, Save Game.

Reception : Buku Guru (terdapat 3 petunjuk, harus dibaca untuk meneruskan permainan)

Ruangan dibelakang Reception : Handgun Bullets


10:00 “Alchemy Laboratory ” : Gold in an Old Man’s Palm The Future hidden in this first Exchange for sage’s water.

12:00 ” A Place with Song and Sound ” : A silver guide post is untapped in lost tongues, awakening at the ordained order.

05:00 ” Darkness that brings the choking heat “ : Flames render the silence awakening the hungry beast. Open time’s door to beckon pray.


Memecahkan Teka Teki :

10:00 : Larilah melewati halaman, hindari beberapa Child Zombie, tmukan Menara Lonceng. Jamnya menunjukkan 10:00, naik ke tingkat 2, masuklah ke Lab Equip Room. Ada Chemical Hudrochloric Acid, Glucose, Distilled Water. Ambil bahan kimia tsb kmd pergilah menuju Chemistry Lab. Disana ada Handgun Bullets, Statue of Hand. Tuangkan bahan kimia pada Statue of Hand untuk mendapatkan Gold Medalition. Kamu baru bisa mendapatkan Silver Medalion setelah meletakkan medalion ini pada menara lonceng di halaman untuk mendapatkan Golden Sun. Setelah itu, jam berubah menjadi jam 12:00

12:00 : Pergilah menuju Music Room dilantai 2. bacalah petunjuknya, lalu ceklah piano yg ada. Semua tuts piano tersebut bernomor dari kiri ke kanan. Tuts 2,3,8,10,11 tidak berfungsi.


Petunjuk :
Burung yg dimaksud adalah tuts piano. Judul puisi tsb menyempitkan kemungkinan tuts yg harus di tekan menjadi 5 buah. Kodenya : 3,10,11,8,2 maka akan mendapatkan Silver Medallion. Kembali lagi ke halaman dan letakkan di tempatnya. Setelah itu jam akan berubah 05:00

Item – Item yg ada di sekolah :

Lantai 1
WC Pria : Child Zombie
WC Wanita : Kosong
Ruang Guru : Terkunci
Kelas di kanan bawah : Kosong
Kelas di kanan atas : Handgun Bullets
Storage Room/Gudang : Rusak
Hall : Rusak
Ruangan antara Gudang dan Hall : Handgun Bullets.

Lantai 2
Kelasdi kiri atas : Chlid zombiex2, Health
Kelas di kiri bawah : Kosong
WC Pria : Suara Tangisan anak kecil
WC Wanita : Child Zombie x2, Handgun Bullets
Locker Room : Kucing dlm locker, ketika akan keluar ruangan ketemu CZ.
Kelas di kanan bawah : CZ x2, Handgun Bullets
Ruangan sebelahnya : CZ
Perpustakaan : BBGx4, First Aid Kit

Pada jam 05:00

Masuklah ke dalam Boiler Room di ruangan bawah tanah. Save gamelah dulu permainan lalu nyalahkan Boiler, lalu kembali ke Menara Lonceng. Masuklah ke dlm pintu. Ikuti arah ke bawah, maka akan ditemukan botol obat kosong di dasar. Keluarlah dan liatlah animasi yang ada. Harry kembali berada di halaman, namun kini ada simbol misterius di tengahnya. Kembalilah ke gudang/Storage Room disekolah.

Storage Room : Rubber Ball
Ruangan antara Storage Room dan Hall : Hundgun Bullets, First Aid Kit
Kelas dikanan atas : Yellow Picture Card
Gang dekat kelas kanan bawah : Health
Infirmary : First Aid Kit, Health, Save game
Kursi roda di Lobby : Ampoule (Pain Reilever)
Ruangan di belakang Reception : Handgun Bullets

Pergilah ke ruangan belakang Reception dan letakkan Yellow Card di pintu, maka akan muncul di WC Wanita di lantai 1, lalu akan muncul di luar pintu WC wanita lantai 2.
WC pria lantai 2 : Handgun Bullets, Shotgun Bullets.
Kembalilah ke WC Wanita dan kamu muncul di WC wanita lantai 1. Pada WC pria lantai 1: Buka pintu dan lihatlah gadis berpakaian bunga-bunga. Ambil Shougun, lalu pergilah ke ruang guru di kiri atas, ambillah Handgun Bullets. Tinggalkan ruangan, telepon akan berdering. Kembali ke lantai 2.
Kelas Kiri atas : Child Zombie x3, Handgun Bullets.
Kelas Kiri bawah : Shotgun Shells.
Lab.Equip Room/Chemist Room/Library : Rusak.
Gang di sebelah kelas kiri : Health
Masuk ke Locker Room, lihat kucing yg terjepit. Tinggalkan locker maka kamu menemukan kunci ke Library Reserve.
Library Reserve Room : First Aid Kit
Library : Handgun Bullets

Baca buku yg terbuka di ruangan Library, pergilah ke atap. Ada 2 buah lubang air di sudut kanan atas. Masukkan Rubber Ball di salah satu lubang. Periksa lubang yg satu lagi dan kamu akan melihat sebuah kunci. Putarlah keran air, maka air akan mendorong kunci itu jatuh. Turun ke halaman , ambil kunci tsb. Pergilah ke lantai 2, buka kelas kelas disudut kanan atas. Lawanlah 3 Child Zombie. Diruangan berikutnya, ambillah Health. Pergilah ke lantai 1 dan buka pintu panggangan. Savelah di Infirmary, bersiaplah menghadapi Boss 1. Pergilah ke Basement.

Storange Room : Shotgun Shells dan Ampoule.
BoLler Room : Putar Kran kanan ke kiri 2x, Putar Kran kiri ke kanan 1x.

Tembak Boss 1 saat ia membuka mulutnya dengan menggunakan Shotgun. Lihat filmnya,maka akan terlihat gadis yg berbaju bunga-bunga, lalu kamu akan berada di Silent Hill yg sebenarnya. Terdengar bunyi bel gereja, ambillah Kunci K.Gordon. Selesailah Level 1 ini.

* LEVEL 2

Scene 1 : Gordon House

Sebelum meninggalkan sekolah, periksa daftar guru di Reception Desk agar rumah K.Gordon ditandai di peta. Pergi terus ke bagian bawah peta hingga mencapai retakan besar. Belok kiri dan naik dalam gang maka akan sampai di rumah dengan garasi berdarah dan dijaga oleh seekor anjing. Masuk, save dan ambil item yg ada lalu keluarlah melalui pintu belakang.
Retakan Levin Street< Dirumah akhir kanan ada Health.
Bradbury Street diatas kursi sebelum gang taman : Health.
Gang di sebelah kiri Cut Rite Chainsaw : Handgun Bullets.

Gas Station : Handgun Bullets,Engine,Gasoline (Hard Mode),Save Point.

Gunakan Gasoline untuk mengambil Cut Rite Chainsaw atau Rock Drill di Bridge Control Room.

Periksa Weapon Guide untuk memastikan item yg ada. Dibelakang Gas Station : VOWO Truck ada Handgun Bullets, Shotgun Shell.

Scene 2 : Gereja

Ada item Flauros, Drawbridge Key,Health,Save Point. Ketika memasuki gereja akan berjumpa dengan seorang wanita tua yang mencurigakan dan terus mengoceh bahwa ia tahu tentang kedatanganmu. Tinggalkan gereja lalu pergilah ke Bridge Control Room di Bloch Street.

Tangga ke bawah sisi kanan sungai : First Aid Kit, Shotgun Shell.

Bridge Control Room : Rock Drill (perlu Gasoline/Hard Mode, Shopping District Map, Health. Naik ke atas masuklah Drawbridge Key di Kontrol Panel. Lewati jembatan tsb. Tanggak ke bawah disisi kana jembatan : Handgun Bullets. Pergilah ke rumah sakit setelah kalian tak bisa keluar.

Scene 3 : Rumah Sakit

Pergi ke kiri, lewati telepon, pintu pertama di sebelah kiri maka akan bertemu dgn Dr.Michael Kaufmann. Ikuti ceritanya. Pergilah ke rak biru abu-abu, buka pintu kanan, ikuti terus ke pintu berikutnya. Ambillah Map Of Hospital, First Aid Kit.

Doctor’s Office : Map of Basement.
Conference Room : Basement Key.
Dapur : Plastic Bottle, Health.

Director’s Office : Obat berserakan di lantai, gunakan Plastic Bottle untuk mengambil sedikit. Pergilah ke Basement. Masuklah ke Genetaror Room dan aktifkan. Ambillah Hammer, kemudian ke lift dan pergi kelantai 3. Lakukan hal yg sama. Maka akan muncul tombol menuju lantai 4. Gadis itu akan terlihat lagi. Larilah lewat pintu ganda di sisi kana bawah. Turuni tangga. Keluarlah ke koridor maka akan bertemu dgn Nurse Monster yg berpunuk ia akan berlari ke arahmu maka habisi dgn Shotgun dari jarak dekat. Untuk membuka pintu di nurse Center harus memiliki 4 buah item.

WC Pria : Blue Square Plate of Turtle.
Kamar 302 : Video Tape Machine (Blm berguna)
Kamar 304 : Steel Plate Health (jgn disentuh dulu)
Kamar 306 : Yellow Square Plate of Cat
Storage Room : Blood Pack, Handgun Bullets, First Aid Kit.
Vending Machine :Health x3
Director’s Office : Red Square Plate of Queen, Save Game
Dapur : Health
Office : Handgun Bullets.
Pergi ke Level 3 melalui lift, lalu ke level 2 melalui tangga.
Kamar 201 : Lighter
Kamar 204 : Green Square of Mad Hatter, Empty Salte.

Ular tertarik pada darah. Dekati lalu beri mereka Blood Plate. Maka Plate tsb bisa diamabil. Pergilah ke Nurse Center, bacalah petunjuk di pojok tembok. Berjalanlah menuju pintu yang terkunci dan letakakan : Biru dikanan atas, Hijau dikanan bawah, Kuning di kiri bawah, Merah di kiri atas.

Bersiaplah dgn Shotgun karena di dalam pintu tsb banyak Nurse Monters.
Operating Room : Basement StoreRoom Key
Intensive Care Room : Disinfecting Alcohol
Kamar 206 : First Aid Kit
Mourge : Ampoule, health
Basement Store Room : Shotgun Shells.

Doronglah lemari untuk menemukan sebuah pintu. Masuk dan gunakan Alcohol dan Lighter pada tanaman merambat di lantai. Turunlah> Masuk ke pintu di sebelah kanan, temukan Video Tape. Pergi ke pintu yg agak jauh disebelah kiri. Ambillah Examination Room Key. Gadis kecil yg bernama Alessa. Ada bukti yg menunjukkan bahwa dia atau temannya adalah pasien mental di rumah sakit ini. Kembali ke kamar 302 dan gunakan Video Tape. Akan kau temukan Shotgun Shells di kasur di belakang.

Pergilah ke Examination Room, maka akan bertemu dgn Lisa Gariand. Spt Dr Kaufmann ia juga tertidur dan tak tahu apa yg terjadi. Mendadak kamu akan menderita sakit kepala dan pingsan. Ketika terbangun akan melihat wanita tua yang mengakui bernama Dahlia Gilespie. Ternyata lambang samual berada ada di seluruh kota dan kamu harus pergi ke gereja “yang lain”. Dia meninggalakan Antique Shop Key di meja dan pergilah ke sana.

Scene 4 : Antique Shop

Police Station : Handgun Bullets x3, Shotgun Shells x2, Memo, Save Game. Bacalah papan tulis, kemudian pergi Ke Antique Shop berada diatas Simons Street. Ketika berada di Antique Shop doronglah lemari coklat maka akan bertemu dgn Cybil. Periksalah lubang yang ada di tembok. Ikuti arahnya untuk melihat gereja yg lain. Ambil Axe pergilah ke tombol dekat pintu maka altarnya akan terbakar dan Cheryl akan datang untuk mencarimu dan kamu telah menghilang. Harry terbangun bersama Lisa. Lisa mengatakan bahwa ia mengantuk dan bermimpi buruk. Ikuti ceritanya, kemudian saat kamu pergi, ternyata kamu akan berada di Antique Shop. Naik ke atas untuk melihat bahwa kamu telah berada di Silent Hill yang lain.

Scene 5 : Silent Hill Town Centre

Berjalanlah menuju Silent Hill Town Centre. Terlihat sebuah Shopping Mall. Naik lift, tontonlah adegan TV, naik lift lagi. Saat ini, radio akan berbunyi jika ada musuh mendekat. Berjalanlah disebelah kiri dan masuk ke pintu sisi kiri jalan. Ambillah Rifle Bullets x2, First Aid Kit dan save permainan. Lewati mayat lalu hadapi Boss Dune Larvae. Tembaklah saat monters tsb dgn Hunting Rifle sebanyak 5 tembakan. Setelah di lumpuhkan maka akan membentuk bola kemudian membuat lubang di belakang Silent Hill Town Centre.
ÿ Scene 7 :Kembali ke Rumah Sakit

Pergilah ke Sagan St, semua jalan ke luar di tutup hingga kamupergi ke Chrichton St. Dlm perjalanan mampirlah ke Police Station untuk mengambil Rifle Bullets x2, First Aid Kit. Jalan masuknya di Sagan St. Pergilah ke Rumah Sakit masuk ke dalam dan bicaralah dgn Lisa. Lisa akan memberitahukan bahwa untuk sampai ke sungai harus melewati terowongan di Waterworks dekat Midwich Elementary Sshool. Saat meninggalkan rumah sakit kamu akan melihat bahwa semua jalan keluartelah tertutup maka harus menaiki tangga langsung depan Post Office dan siaplah menghadapi Boss Mothra. Yaitu Dune Larvae yg telah berubah menjadi Ngengat raksasa. Setelah monters tsb mati maka suasana akan kembali ke Normal Silent Hill namun masih bersalju.

* LEVEL 3

Scene 1 : Istirahat…

Turuni tangga maka tiba di Rumah Sakit. Di Koontz St, dekat huruf L dari Hospital dipeta, terdapat sebuah gang dgn Handgun Bullets dan Health. Dipersimpangan antara Koontz dan Simmons terdapat sebuah meja café dgn sebuah health. Pergilah ke jembatan sebrangilah maka sampai pada Waterworks. Tekan X untuk menuruni terowongan.

Scene 2 : Terowongan Monster

Siapkan Pipe (Pipa), tetap waspadalah karena radio tidak berfungsi disini. Diperjalanan ini akan bertemu dgn makhluk baru “Mutant Turtles” . Ikuti arah terowongan, belok kiri di persimpangan jalan. Kiri berikutnya akan membawamu, bertemu dgn monster tsb. Ambillah Rifle Shells. Berputarlah dan lurus pergi ke sisi satunya untuk mengamabil Health, Shotgun Shells dan Handgun Bullets. Kemudian berputarlah, lurus ambil sisi kiri, masuk ke dalam pintu bertuliskan “Keep Out”. Teruskan sampai ke ruangan yg menyimpan Sewer Key,Sewer Map dan Save Game. Kuncinya agak tersembunyi. Teruskan masuk ke dalam pintu Keep Out beerikutnya dan berikutnya lagi. Belok kiri di peta dan ikuti arah berputar hingga turun di bagisn peta. Terus terun dan bukalah pintu dengan Sewer Key.

Kanan Bawah jalur ini mengarah ke First Aid Kit.
Kiri Bawah Jalur ini mengarah ke tangga.

Naiki tangga tsb. Lihat pada peta. Bergeraklah memutar mengambil semua item disana. Pada sudut kana atas terdapat Handgun Bullets dan Health. Sudut kiri bawah ada Sewer Exit Key (periksa darah yg ada di sana). Kembali ke sudut kana bawah untuk mendapatkan Save Game dan tangga keluar.

* LEVEL 4

ÿ Scene 1 : Menikmati Dunia Luar Lagi
Sekeluarnya dari Sewer tsb maka kamu akan bisa menghirup udara segar kembali. Berjalanlah ke Annie’s Bar ambillah : Kaufmann’s Receipt + Key, Health x2, Save Game. Temuilah Dr. Kaufmann. Baca tulisannya lalu kombinasikan untuk masuk ke dalam Indian Runner. Passwordnya : 0473

Dalam Indian Runneer Convenience Store : Safe Key, Safe, Rifle Shells, Health, Drug. Periksa lemari dekat meja. Baca catatannya. Baca tulisan di tembok. Periksa peti besi. Ingatlah kombinasi pintu belakang untuk ke Norman Young’s Motel. Lalu pergilah ke Haerby Inn. Gunakan kombinasi 0886 untuk masuk ke Reception. Di Nourman’s Motel ( Hearby Inn Reception ) : Shoutgun Shell, Health, Magnet, Save Game, lalu buka pintu depan. Pergilah ke Apartment 3 dan gunakan Kaufmann’S Key.

Di ruang ini atau Kaufmann’s Room : Health, Motorcycle Key (dibawah lemari). Dorong lemari untuk mengambil kunci tsb, gunakan magnet. Ambil kuncinya kembalilah ke Nourman’s Motel. Pergilah ke ruang belakang dan gunakan pada Motorcycle Key pada motor tsb. Temukan botol kecil, tapi Kaufmann akan muncul dan mengambilnya. Tinggalkan tempat tsb lalu pergilah ke huruf F di Sanford St dlm peta dimana terdapat Rifle Shell dan Health. Saat melewati S di Sanford St maka terjadilah perubahan Silent Hill menjadi Alternate Silent Hill.

Scene 2 : Alternate Silent Hill 1977

Pergilah menuju Lighthouse, selama perjalan banyak ditemui jalan buntu. Peergilah ke kiri menuruni tangga dan masuk ke sebuah kapal. Ada item : Health, Handgun Bullets, Rifle Shells, Save Game. Cybill ada disini, tiba-tiba Dahlia mendadak muncul dan mengatakan sesuatu. Tinggalkan kapal melalui pintu yg dilalui Dahlia dan pergilah menuju ke Lighthouse.

Scene 3 : Lighthouse

Pergi ke Lighthouse, bicaralah dgn Alessa. Kembali ke bawah dan lari maju, kembali ke kapal. Cybill belum kembali. Pergi ke Amusement Park ( Timur ).

Awalan Menuju Bencana

Antara West Sanford dan Sanford St terdapat sebuah gang menuju utara. Diatas akan ditemukan Health dan Shotgun Shell. Pergi ke timur di West Sanford dan masuklah ke sewer. Jalan masuknya ada di utara dimana rute timur terhalang. Larilah melewati sewer dan naiki tangga ke Amusement Park. Berhentilah hingga di tempat penjual Ice Cream, terdapat save point. Temui Cybill maka akan mendapatkan 3 Ending.

1. Menyelamatkan Cybill atau Tidak …?
2. Membunuh Cybill dan Mendapatkan Good Ending.
3. Menyelamatkan Cybill dan Mendapatkan Good+Ending

1. Menyelamatkan Cybill atau Tidak..?

Cybill akan berjalan mendekatimu, menamparmu dan hendak menembakmu. Dia hanya perlu satu tembakan tak terhalang untuk membunuhmu.

2. Untuk Membunuh Cybill dan Mendapatkan Good Ending

Berputarlah mengelilingi Cybill dalam sauatu lingkaran kecil. Dia akan menembak sekitar 10 kali, lalu kehabisan peluru. Lari mengelilingi permainan dan tekan L1+L2 kmdn L2 untuk membidik dan menembaknya sebelum ia mencoba mencekikmu sampai mati. Saat inilah ia akan mengatakan sesuatu yg berhubungan dengan darah di punggungnya. Hal ini berhubungan dgn adegan CG yg lalu dan botol plastic di dapur Rumah Sakit.

3. Untuk Menyelamatkan Cybil dan Mendapatakan Good+Ending

Tunggu sampai ia kehabisan peluru, lalu berlarilah ke punggungnya (atau tunggu saat ia mendekatimu) dan tekan Select untuk menggunakan Plastic Bottle. Kamu akan mendapatkan adegan tambahan di mana Harry sedang menjelaskan bahwa Cheryl bukan putri aslinya ketika Alessa mendadak muncul. Bertengkar lalu Flauros tiba – tiba aktif dengan sendirinya danm membuatnya pingsan. Dahlia muncul dan memutar balikkan cerita hingga menjadi lebih buruk. Kamu terbangun bersama Lisa yang hendak mengatakan sesuatu padamu.



* LEVEL : NECRONOMICON REFERENCES

Door of Hagith

|

|

|à Basement Door

|

|àX

|

|à Door of Ophiel

|

|à Warp 2 (buka dari dalam)

|

|

Faucet |

| |

Start------------------------à Antique Room

| |

Birdcage Phaleg



Pintu pertama di kiri : Key of Ophiel ( di Faucet – gunakan Pilers)

Pintu pertama di kanan : Kunci di Bridcage gunakan Birdcage Key

Pintu kedua dikanan : Door of Phaleq

Pintu di depannya : Save Game,First Aid Kit, Shougun Shells.

Double Door : Terkunci (hingga dibuka dari lantai 2)

Directors Door : Door of Ophiel

Elevator : Door of Hiaght

Basement Door : Mengarah ke Classroom.



Bacalah tulisan dimeja dan pergi melalui pintu kedua, Ini mengarah ke Screwdriver dan Pliers.

Room of Ophiel

X--------------- |

|

X----------------|

|

X----------------|----------------X

|

Puzzle 1------ |---------------- X

|

X----------------|--------------- Puzzle 2

| |

Start X

Constellation Puzzle :

Libra = 2
Pisces = 0
CanCer = 10
Aries = 4

What doesn’t ! Pisces have ? Arms of Legs
Sagitarius = 6
Taurus = 4
Gemini = 8

Kumpulkan Plate Menuju Puzzle 2

Grim Reapers List Puzzle
35 Lidya Findly
60 Trevor F White
18 Albert Lords
14 Roberta T Morgan
38 Edward C Briggs

Ketiklah inisialnya secara berurutan. Pergi ke Morgue dan ambillah Amulet of Solomon. Ketika kamu pergi kamu akan melihat Lisa sekali lagi. Letakkan Plate pada jam di Antique Room untuk mendapat Key of Hagith. Naiklah ke lantai 2.

X

|

----------------------------------- Warp 1

| |

| X

Jewerly Shop

|

|

X

|

X Catatan : di Jewerly Shop banyak item

|

|

Start

Warp 2 X X X Steel Plate Room

| | | | |

--------------------------------------------

| |

X--------- | Nurse Center

|

X--------- |

|

Warp 1


Nurse Center : Camera
Steel Plate Room : Gunakan Srewdriver untuk mengambil Key of Aratron
Naik ke lantai 3 : Other Church ( gereja yg lain ) api di altar Puzzle ?
Ambil kamera dan berpura – puralah seperti turis.
Pintu kiri : Birdcage Key
Pintu Kanan : Health.

Room Of Phaleg
Pintu pertama di kanan : Door of Bethor
Jangan sentuh lemari dengan pisau hingga kamu menggunakan Ring Of Contract. Gunakan cincin itu dan ambillah Dagger of Melchior.

Pintu kedua di kiri : Kumpulan Ankh
Pintu kedua di kanan : Ambil Health dan buka Jelly Beans untuk mengambil Key of Bethor. Periksa ruangan satunya untuk melihat video tape. Masuk ke dalam Door of Rethor untuk mematikan Generator. Ambillah Key of Aratron. Pintu ketiga di kanan : Door of Aratron. Masuk untuk mengambil Disc of Ouroboros. Pintu ketiga kiri : Child’s Room, Save Game, Level Exil

Letakkan semua item mistik di pintu untuk membukanya. Masuk dan turuni tangga. Tontonlah intronya dan persiapkan dirimu menghadapi FINAL BOSS Dia akan melayang sambil melemparkan Energi Petir. Petir itu akan menyambar 4 – 5 kali. Bila terkena lebih dari 2 petir, tekan Select dan ambil Health. Lalu maju danseranglah. Dalam Hard Mode, sebaiknya kamu memeriksa energimu setiap terkena serangannya. Untuk mempercepat pembicaraan sebelum melawan Boss, tekan Start. Berjuanglah dengan energi semaksimal mungkin..!!! Good Luck…!!!

GAME OVER :
Untuk mendapatkan Good+Ending kamu harus menyelamatkan Cheryl. Kalau kamu mendapatkan Good atau Good+Ending bersantailah dulu dan tonton CG-nya.

Epilog
Dan, kini hanya tinggal kenangan dan efek positifnya adalah bermain game sejenis adventure akan membuat otak berpikir untuk memecahkan macam-macam puzzle untuk menuju level berikutnya hingga ending masuk rating seusai melawan Big Boss. Kemudian SILENT HILL sequelnya banyak dirilis di PS2, dengan tampilan gambar 3D nyaris nyata. Bahkan sempat dirilis film layar lebarnya dengan judul yang sama, dan menurut saya tidak seperti dalam cerita game playstation. Namun kesannya tak sedahsyat yang pertama. Awal kisah saya menjadi pemain game playstation dan mengetahui game-game yang baik untuk tingkatan umur anak-anak kala itu, tidak sekedar membeli dan memainkan. Bermain dan belajar.

Daftar Pustaka
1. Buku Walthrough Silent Hill
2. Cheat dan walthrough Silent Hill dari majalah GameStation edisi tahun 1999
3. Gambar-gambar dari Google Search silent hill ps1


                                                          (S)(I)(L)(E)(N)(T)()(H)(I)(L)(L)

Posting Komentar