Jumat, 11 Februari 2011

Kadri Jimmo The Prinzes of Rhythm




TAK KENAL MAKA TAK SAYANG
by Arie Rachmawati on Sunday, September 5, 2010 at 12:56pm

K J P (Kadri Jimmo the Prinzes of Rhythm ) sudah mengibarkan bendera di blantika musik Indonesia, melejit dengan "INDONESIA MEMANG HEBAT". Bermula dari suatu malam menemani sahabat untuk menonton konser musik di Salihara, hampir setahun yang lalu. Benar-benar saya tak tahu siapa mereka. Seperti kata pepatah berkata,"Tak kenal maka tak sayang."

Berjalannya waktu alunan lagu itu terus berdendang menyapa daun telinga hingga lirik demi lirik pun dari sebelas lagu dalam CD KJP serasa melagutkan hati larut dalam sepenggal cerita setiap judul lagunya.

Saat pertama kali saya mendengar lagu kedua dalam konser pertama KJP di gedung Teater Salihara, saya merasa ada sesuatu chemistry dari lagu tsb. Waktu itu saya benar-benar tidak memperhatikan saat pembawa acara bang Denny Sakri membacakan list lagu. Di belakang panggung, saat bertemu vokalis yang jangkung itu saya langsung bilang,

"Aku suka lagu yang nomor dua tadi,judulnya apa yah?"
Diantara bisingnya sound musik dan setengah berbisik, ia menjawab,"Symphony Hati."
"Oh..," ujarku serasa aku menemukan sesuatu yang hilang.

Di dinding facebook milik K J P, saya pernah menuliskan komentar bahwa hentakan drumer berparas ganteng itu (Iyun) itu sebagai pembuka lagu (intro) sangat menggebrak suasana, menghantarkan irama untuk menghentakkan kaki beradu dengan lantai. Entah kebetulan atau tidak, lagu pencuri hati dan pilihan saya itu selalu menjadi lagu pembuka setiap performance KJP On The Stage dalam setiap event.

# SYMPHONY HATI #

Music?Lyric : Siham Fikri
(Minor Edited By Fadhil and Kadri)

Kutatap mega dia lebih tinggi
Tapi dia tak setinggi hatimu juwitaku
meski tiada cinta seputih mega
Suara jiwaku lantunkan symphony
Biar cinta menggetarkan hatimu yang beku
Tuk rasakan cinta kasih
Bukan cantik tubuhmu relakan untuknya
Kuletakkan hatimu di atas bumi ini
Dan dengarlah cinta semuanya
Relakan untuknya
Kuletakkan hatimu di atas bumi in
Dengarlah cinta semuanya semu, keluu...


Kembali suasana digiring dalam lagu senada seirama lagu pembuka itu, hadirlah lagu kedua adalah "Sorry To Say."
Lagu itu dalam CD-nya menduduki urutan keempat adalah garapan si Kapten Kadri Mohamad sendiri musik dan liriknya. Intro dibuka dengan permainan gitaris Rifki dan Fadhil, kemudian begitu masuk pada lagu ada ilustrasi dentingan piano khas-nya Fadhil yang memiliki wajah berkarakter keras dan tegas, namun hatinya selembut gerai rambutnya yang panjang menyibak punggungnya. Simak Kapten Kadri mengungkapkan sesuatu...tentang kesalahannya, hingga tali kasih bersama tambatan hatinya tak sejalan lagi.


# SORRY TO SAY #
Music/Lyric : Kadri
Jimmo Putra Petir


Ku rasakan itu pahit
Namun tak kuasa menahannya
Ini sudah takdir sang Kuasa tak seorang pun dapat menghalangi jalan ceritanya I'm sorry to say
Ku akui mungkin ini semua jadi kesalahanku
Namun ku perlu menjelaskan, tak ada maksud
Yang tak lain ungkapan cinta kasih, kita berdua (kita berdua0
Rasa sayang masih ada
Seringkali kau unjukkan meski kini dirimu
Tak bebas lagi, namun cinta kita tak akan padam...ohh (itu jadi kesalahan ku...sorry to say)..
Bukan itu maksud hati ku...sorry to say
Oh...sorry to say...(2x)...we're not meant to be


Kini audience hanyut dalam irama mellow dengan sentuhan romantic rock progressive.
Lirik lagunya sederhana dan pendek ditulis oleh Jimmo vokalis termuda dalam duet itu yang memiliki suara sengau. Lagu itu bercerita tentang tentang perasaan seseorang kepada seorang kekasihnya yang amat dicintai arti ketulusan perasaan, disajikan dengan kesan penuturan yang amat dalam banget. Lagu "Semua Perasaanku". itu selalu terletak pada urutan tengah setelah dua buah lagu sebelumnya mengajak untuk menggoyangkan kepala. Lebih-lebih petikan gitaris Rifki di interlude lagu ini nyaris hati pun ikut tergerus.


# SEMUA PERASAANKU #
Music/Lyric : Jimmo

Pernahkah kau bertanya tentang semua perasaanku
Perasaanku padamu dan ketulusanaku hatiku
Tidakkah kau melihat semua perasaan hatiku
Semua yang aku punya hanyalah bagimu saja
Aku bisa mencintaimu untuk selamanya, slalu saja mencintaimu untuk selamanya...
Sebelum aku mati, jasadku tak berarti, hanyalah cinta ini yang akan tetap abadi
(dan tak akan pernah hilang semua cinta)


Lagu berikutnya tak jauh beda, senada dengan Semua Perasaanku, masih bergelut dengan suasana mellow romantis, dengan sisipan beberapa lirik berbahasa Perancis menambah puitisnya sebuah lagu berjudul "BERTIGA". Serasa menerbangkan angan untuk bercinta dengan balutan salju dan segelas anggur menghangatkan tubuh dibawah suasana panorama La Tour Eiffel dimanjakan oleh sentuhan syahdu accordion-nya Riza Arshad, hingga diakhir lagu. Bertiga menghanyutkan kisah persahabatan yang dilingkari cerita percintaan segitiga.

# BERTIGA #
Music : Kadri/Jimmo/Fadhil
Lyric : Jimmo/Kadri (Translated To French by Dini Shanti)

Katanlah...lah kepadaku
Tentang semua
Cinta yang engkau rasa
Kali bertemu, mata bercumbu
Segelas beaujolais nouveau
Dibalut salju les deax magots
Kau melangkahlah denganku
Mungkinkah ak
Yang selalu kau tunggu
Mungkinkah kita, akan selalu slamanya
Bertiga...
Bercinta denganku saja
Walau rentang dari waktu, akan sa...kit memisah
Est-ce qu'il est possible un parmi nous (Mungkin diantara kamu)
Serala personne que j'attends (Yang selalu kutunggu)
Est-ce qu'il est possible un parmi nous les trois d'etre ensemble pour toujours
(Mungkinkah kita akan se...lalu...selamanya bertiga)
Les trios (Bertiga)


Kini tibalah pada lagu pertama diurutan CD list menjadi pamungkas dalam setiap ujung performance K J P adalah tembang andalan bercerita seseorang yang ingin bercita-cita sebagai Presiden Indonesia. Energik sekali, baik sebagai penyemangat gairah generasi muda yang mulai tak percaya lagi akan kehebatan seorang presiden kita, siapa pun dia. Miris pandangan terhadap pemimpin negeri ini yang kaya hasil bumi namun tak pandai mengolahnya. Dan lagu ini Indonesia Memang Hebat tepat sekali didengungkan dalam situasi hubungan antara Indonesia dengan negara tetangga yang kian penyulut emosi. Lagu ini menyiratkan pesan siapa pun menjadi presiden haruslah bisa mengatasi persoalan dalam dan luar negeri dengan adil dan bijaksana.


# INDONESIA MEMANG HEBAT #

Music/Lyric : Kadri


Bila...kau pergi menjauh, berpaling dariku dan niscaya hidupmu akan merugi
Kar'na aku ini baik dan selalu beruntung, coba saja lihat garis tanganku
Katanya kau siap setia, k a t a n y a kau mau berkorban
Dan katanya aku calon pemimpin...tetaplah disini, kar'na aku...terbaik untukmu...wo..wo (na na na na)
Hapuslah air matamu, karena itu palsu, namun ,aaf telah kuberikan
Bila kau mau bersabar, yakinlah pada ku masa depan ada di tanganku
Katanya bangsa kita hebat,
Katanya negeri kita kaya
Dan katanya Presiden kita bijak, cobalah hargai...pemimpinmu...
Cintai aku...kar'na akupun calon Presiden...


Setiap event selepas penampilan KJP bersama The Legends : Debby Nasution,Keenan Nasution,Fariz RM dan Eet Syahrani di dua tempat Salihara/Jakarta dan Bumi Sangkuriang/Bandung, saya mengamati mereka KJP tetap mempertahankan aksi panggung yang prima dan vokal yang nggak asal-asalan. Lepas dari itu dalam event kecil atau besar bahkan pertunjukkan bertiket atau konser gratis ala acara pameran di JCC/ 26 Juni 2010 dan di Balairung Ui-Depok di pengujung bulan Juli 2010lalu. Dan sayang ada beberapa performance K J P yang terlewati karena keterbatasan waktu, tapi saya yakin KJP tetaplah HEBAT yang mendahulukan kreativitas dalam bermusik.

Selain lima lagu wajib itu, ada beberapa lagu seperti Ocean Half di mana permainan betotan Ken Bass lebih ngejazzy. Yang berbeda menurut saya adalah selama penampilan KJP di dua tempat bersama para The Legends itu, selalu didampingi pemain keyboards yang tidak terdapat dalam formasi KJP yaiitu Krisna Prameswara kini digantikan oleh seorang keyboardist berkacamata minus asal Malang bernama Popo Fauza. Saya melihat tiga kali penampilan anggota baru KJP itu sejak performance di FX.

Senyum ramah kera ngalam itu membuat saya merasa akrab walau keakraban yang terjalin dengan mereka itu baru berjalan hampir setahun terakhir ini. Tak menampik peranan facebook sangat berpengaruh dalam menjalin pertemanan. Sebut saja vokalis bersuara serak dan berat juga sebagai pencetus terbentuknya KJP itu lebih akrab dengan panggilan Kapten Kadri. Saya menyebutnya demikian dengan satu alasan bahwa Kadri Mohamad adalah seperti kapten pilot dalam suatu penerbangan pesawat terbang (KJP), yang akan menerbangkan sayapnya meluas menjelajahi lapisan masyarakat penikmat musik sehati satu selera, dengan dibantu co-pilot Jimmo Putra Petir beserta awak pesawatnya dan para pramugranya : si pianis berambut panjang menjuntai Fadhil Indra, si putra Matahari Terbit Ken Bass, si penabuh drum ganteng Hayunaji, si kalem Rifki Rachmat dan si senyum ramah Popo Fauza.


Sukses selalu buat KJP...Indonesia Hebat harus benar-benar HEBAT bukan hanya katanya...katanya.


Salam,
arie rachmawati
Posting Komentar