Rabu, 08 November 2017

Bukuku

Arie Rachmawati

DANDELION
DALAM
RINDU



Sebuah KUMPULAN CERITA PENDEK
DANDELION
DALAM
RINDU

Penulis : Arie Rachmawati
Tata letak : Ersta Andantino
Editor DANDELION DALAM RINDU dan  PIANOKU TERCINTA : Kurnia Effendi.

Editor CINTA SEBATAS ANGAN : Rudi Pekerti


SAJIAN PEMBUKA

     Suatu kehormatan bagi saya diajak mengantar kumpulan delapan cerpen karya Arie Rachmawati berjudul  Dandelion dalam Rindu, saya  dekati  dengan peminatan saya pada ranah lirik lagu, film dan neurosains. Ada dua cerpen  tentang tokoh perempuan jatuh cinta dengan pemusik - pencipta lagu atau karyanya. Ada rasa liar, bebas,  disisipi rasa sendu. Ada rasa haru biru ketika dua insan menjalin cinta seputar lagu tema seperti Ain’t No Sunshine.
     Sutradara kondang Hong Kong, Wong Kar Wai  pemenang Cannes Film festival karya filmnya menggunakan  pendekatan cerita terjalin pekat  lagu tema berulang dikumandangkan,  menjadi judul film, As Tears Go By,  In the Mood for Love, California Dreaming, Blueberry Night ada Norah Jones. Upaya sisip – menyisip, cut to cut  gambar bercerita terjalin lantunan irama dan syair lagu, music score  saling memperkuat keutuhan film menuju puncak cerita.      
     Ada tokoh  wanita bernama “Denyar“  yang artinya firasat atau terilhami.  Ada pula cerita  Shafira, tokoh yang terbelit cinta,  sedangkan  cerita Syira dan Widya, kisah  kakak - beradik cantik yang memegang serumpun bunga dandelion, bunga kering rerumputan di padang ilalang. Dandelion tergambarkan di facebook dan alam nyata ketika cinta dengan ceria menjelajah nuansa kehidupan keluarga.
    Salah satu buku neurosains berjudul The Emotional Brain ditulis Joseph Ledoux menggunakan nama judul lagu pada setiap judul bab isi buku, contohnya: What ‘s Love Got to Do with It, The Way We Were, Blood Sweat and Tears. Syair dan musik lagu yang dicipta penulis merupakan karya utama. Suatu modal pokok ketika lagu dilantunkan sepenuh jiwa oleh si penyanyi. Bila terjadi klik, cocoklah getar rasa penyanyi menggoyang bulu kuduk para pendengarnya. Menurut Le Doux pusat emosi insan, rasa penikmat terletak di otak, walau secara kiasan sering kita sebut bersemayam di hati.  
     Ada juga isi kumcer bercerita  tentang sosok Lia mengunduh “datangnya cinta, tak diundang”. Simak akankan cerita berlabuh dengan happy ending alias bahagia, akhirnya? Keith, Rania, Arie mengisahkan perjalanan cerita segi tiga  dengan sepenggal puisi dan sepenggal pesan yang tersisipkan di liang batang pohon tempat janjian bersua.  
     Sosok perempuan bernama indah Tiraini ceritanya ditulis dari aneka  jalinan ilham yang datang dari lagu: Secangkir Teh Sebelum Ku Pergi , Hasrat dan Cita, Semua Perasaanku. Wow, alangkah kaya pengendapan terjadi sebelum cerita tercipta.   
     Arie sosok penggiat Kelompok Pencinta Musik Indonesia berlatar ibu rumah tangga yang hemat saya yang sekaligus menjadi kekuatannya  dalam menggali cerita keseharian bersuasana cinta. Ada film keluarga di Paris yang berjudul “Peppermint Soda” skrip dan sutradara Diane Kurys mengisahkan keseharian dua gadis remaja beranjak dewasa, ada ciuman, ada menstruasi, ada kehilangan sahabat pertama  dan komunikasi kasih dengan ibu tunggal, 
     Arie aktif merambah ke penulisan cerita, blog, membuat reportase  acara pagelaran musik, melukis dan membuat video klip serta turut mengelola fans club Fariz RM “Komunitas Fantastic Fariz RM” untuk era kini. Arie  pun setia menyiapkan sarapan keluarga ditengah aneka kesibukannya. Kita sebagai penikmat cerita sangat beruntung, karena Arie mendedikasikan diri menulis karya kumcer yang menarik untuk kita baca. Arie piawai memadukan suasana informasi komunikasi tokoh protagonis - perempuan  bersnding tokoh antagonis – pria.  Kedua tokoh fasih berkomunikasi via perangkat multi media internet, facebook, telepon genggam, BB, seakan semua tak lagi berjarak. Cerita  pun dipadu bangunan simbolik di laptop dengan suasana  pohon - alam laras  suasana hati serta aneka cuplikan peristiwa penanda zaman dengan gaya bahasa  masa kini.
      Oke mengenai akhir cerita mungkin akan membuat pembaca tercengang, lalu kita sebagai pembaca menjadi penasaran, koq begitu akhirnya, surprisesurprise !   Selamat menikmati. Salam sehat sejahtera di penghujung  2013                                                                                                                                                                                                                                                                                                    
Rudi Pekerti
rpekerti@gmail com - penulis syair lagu Nuansa Bening 

                                            

Kisah-kisah

1.  Di Interlude Aku Jatuh Cinta
2.   Dandelion Dalam Rindu
3.  Cinta Sebatas Angan
4.  Wajah Di Balik Kerudung
5.  Surat Untuk Keith.
6.  Nyanyian Malam Hati Perempuan
7.  Pianoku Tercinta
8.  Meniti Asa