Sabtu, 10 Agustus 2024

A k t i v i t a s k u :



Perjalanan Merajut Kotisjut
2020 - 2024

Cerita rajutan saat ini tentang KOTISJUT adalah singkatan dari kotak tisu rajut, yaitu membuat rajutan untuk kotak tisu, baik berupa kotak persegi panjang atau bentuk bulat dan kotak tisu mini dll. Bermula dari request seorang tetangga dan teman pengajian akhirnya saya memulai merajut kotisjut ini.

Alhamdulillah seri kotisjut ini menemukan takdirnya hingga ber - episode - episode seperti sinetron. Alhamdulillah diberi kemudahan juga sangat chemistry, akhirnya per - epidode berlanjut dirangkai menjadi slideshow untuk menjadi video klip dan siap ditayangkan di akun Youtube. Insya Alloh ini sudah masuk ke Episode 13, per-episodenya terdiri dari 12 bagian. Bahkan saat ini masih tetap berlanjut untuk  episode 14, baru terajut 5 bagian.

Awal kisahnya adalah saat pandemi menyapa seluruh dunia. Sekitar bulan Mei 2020 di kala itu bertepatan dengan bulan Ramadhan 1441 Hijriah lalu, ternyata saya mendapat kesibukan merajut ini. Yang semula berasa sulit hingga menemukan rumus / jurus merajut yang saya rangkum dari beberapa tutorial di Youtube.

Hikmah pandemi membuat anteng berdiam diri dirumah dan terbesit ingin menghabiskan persediaan benang yang tersimpan dari tahun ke tahun.

Kotisjut ini benar - benar membuka wawasan berbagai jenis benang, bisa dirajut untuk jadi pembungkus kotak tisu rajut. Jenis benang boleh sama, jurus nya pun selaras, namun perpaduan warna menghasilkan ending yang berbeda. 

Itulah ke-khasan rajutan saya, sederhana, cantik dan ingin tampil beda. Untuk setiap satu kotisjut selalu menampilkan limited edition, sehingga pemilik / pembelinya merasakan keistimewaan karena tidak dimiliki orang lain.






Untuk harga jual berukuran standart relatif ekonomis, kurun waktu Mei 2020 hingga setahun kedepannya, saya menjualnya seharga tiga puluh lima ribu rupiah. Tahun 2021 hingga kini harga jualnya naik lima ribu rupiah dan masih tetap ditambah ongkos kirim. 

Penjualan tidak melalui aplikasi apapun, jadi saya perlu menambahkan biaya ongkir karena pembelinya bertebaran di seluruh kota se - Indonesia. Ada yang ke Jambi, Bandar Lampung dan Medan. Sementara untuk para pembeli yang berupa tetangga sendiri tentunya cukup dihantarkan ke rumah masing - masing. 

      Edisi :17 Agustus 2023

Yang sangat berbangga hati kotisjut ini ketika anak saya membelinya untuk dijadika  souvenir. Sebuah perjalanan dinas anak saya, kurang lebih selama dua minggu.

Kotisjut ini di bulan September 2022 sudah berada di Jepang, dari sana kotisjut berpindah tangan dan bertebaran kepada para peserta acara pelatihan tsb. Alhamdulillah ternyata souvenir berupa hasil karya / homemade menjadi nilai plus dan  diterima mereka dengan hati gembira.


Alhamdulillah³ misi perdana pertukaran souvenir terbilang sukses, kemudian dilanjutkan dengan pengiriman kedua dengan perantara temannya anak saya. Hanya beberapa kotisjut yang menjadi souvenir susulan. 

Selesai perjalanan ke Jepang, ternyata takdir kotisjut berlanjut ke benua Eropa. Numpang perjalanan dinas, anak saya ke Jerman, tiga kotisjut by Yoando Crochet berpindah tangan kepada tiga teman disana.




Kotisjut demi kotisjut masih berlanjut, dengan berbekal persediaan benang ala Yoando Crochet yang ada akan menjadi sesuatu yang berharga sebagai hand made yang cantik.


Terima Kasi


G a l e r i  F o t o 
Kotisjut 13 Episode
Edisi Kolase













          ♡ ♡ ♡ ♡ ♡ ♡ ♡ ♡

Tidak ada komentar: