Rabu, 15 Februari 2017

Yoando Crochet edisi :

Berburu Benang Rajut
Oleh Arie Rachmawati


Assalamualaikum wr wb.
Mungkin saya termasuk perajut yang banyak ber-hunting ria dengan benang baru menemukan ide untuk berkreasi, daripada para perajut lainnya yang sudah menentukan project yang akan dikerjakan baru menemukan benangnya.
Jangan pernah menanyakan kepada saya,"Mau bikin apa Bu?" ... karena jawaban nya adalah, "Saya nggak tahu."
Benar, saya tidak pernah tahu saya akan membuat apa, tapi begitu menemukan ide maka saya akan meraih benang-benang yang dirasa sesuai dengan ide tsb.
Chemistry antara benang dengan pikiran dan tangan ini akan membuahkan 'something' yang diluar dugaan. Suatu hari saya mengamati tutorial di Youtube, ternyata pikiran saya tertuju pada deretan benang yang berjajar rapi di rak benang. Karena dirasa benang tsb sesuai dengan tayangan di Youtube tsb, saya pun mengerjakan nya dengan penuh semangat dan akhirnya-nya cukup dua hari project saya kelar, yaitu sebuah syal biru gradasi.

Itu kekuatan chemistry-nya, bahkan November 2013 awal² saya mengenal rajutan dimulai dengan membuat tas selempang cukup 24 jam. Meski hasil perdana masih belepotan, namun saking senang-nya terhadap benang yang dipegang saat pengerjaan rajutan bisa memberikan semangat yang super.
Lebih bersemangat lagi bila pemilik toko benang, sangat 'welcome' dan saya mendapat info seputaran rajutan. Intinya nggak pelit (medit) ilmu rajutan. Saya bisa menjadi pelanggan setia toko tsb. Setiap toko benang menjual barang yang berbeda dengan toko lainnya, meski sama-sama benang katun atau benang wol lokal. Lain halnya ada toko yang khusus menjual benang-benang import. Bahkan saya bisa menciptakan satu warna baru dari benang wol lokal yang biasanya banyak dijual di pasaran/warung. Hal ini menepis anggapan bahwa koleksi benang saya, didominan benang-benang berkelas atau benang import yang didapatkan saat hunting ke luar negeri atau ke pelosok dusun terkecil.

Keseruan saat hunting pun menjadi bahan tulisan yang mungkin menjadi inspirasi perajut, pembaca. Apapun bisa dibagikan mungkin sebagai rekomendasi toko, atau setiap benang mempunyai kecocokan masing-masing dengan project kita.
Itulah kenikmatan baru 'hunting benang' yang sederhana dengan membuat semangat penuh gairah dengan begitu akan menimbulkan rasa bahagia. Bahagia tsb bisa mengusir segala kepenatan, bisa menstabilkan gula darah dan bisa meredam asma kambuh.
So jadi itulah mengapa hunting benang bagi saya sangat berperan banyak untuk sebuah karya baru yang akan dihasilkan menambah koleksi rajutan di Yoando Crochet Collection.
Terima kasih Pembaca


Wassalamualaikum wr wb
Arie Rachmawati